Endometriosis merupakan suatu keadaan jaringan yang tidak normal, jaringan yang seharusnya berada di dinding rahim (endometrium),  justru  tumbuh di lokasi lain dan menyebabkan rasa sakit, perdarahan yang tidak teratur dan bisa juga menyebabkan kemandulan. Pertumbuhan jaringan tersebut  biasanya terdapat pada daerah diluar rahim, yaitu tulang, ovarium, usus, empedu, dan bisa juga tumbuh di bagian tubuh lainnya.

Endometriosis adalah penyakit yang dipicu pertumbuhan jaringan endometrium di luar rongga rahim. Endometrium merupakan jaringan yang membatasi bagian dalam rahim. Dalam siklus menstruasi, ketebalan endometrium akan bertambah sebagai persiapan terjadinya kehamilan. Bila kehamilan tidak terjadi, maka lapisan ini akan terlepas dan dikeluarkan sebagai menstruasi. Namun pada kasus ini, biasanya tumbuh di bagian lain, dan yang sering terjadi adalah pada ovarium atau kandung telur wanita.

Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal (sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan). Endometriosis juga memberikan respon yang sama terhadap sinyal ini, tetapi tidak mampu memisahkan dirinya dari jaringan dan terlepas selama menstruasi. Kadang terjadi perdarahan ringan tetapi akan segera membaik dan kembali dirangsang pada siklus menstruasi berikutnya.

Proses yang berlangsung terus menerus ini menyebabkan pembentukan jaringan parut dan perlengketan di dalam tuba dan ovarium, serta di sekitar fimbrie tuba. Perlengketan ini bisa menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopii terganggu atau tidak terlaksana. Selain itu, perlengketan juga bisa menyebabkan terhalangnya perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju ke rahim.

Jaringan endometrium  yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut , nyeri ketika buang air besar, perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih. Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah. Kadang  akan pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba. Kadang juga tidak ditemukan gejala sama sekali.

Tanda-tanda endometriosis:

  • Pada saat menstruasi akan timbul rasa sakit/ nyeri yang semakin meningat
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah, yang dirasakan satu minggu atau dua minggu sebelum menstruasi
  • Merasakan sakit pada daerah perut bagian bawah selama menstruasi, bahkan rutin selalu dirasakan tiap bulan dan semakin parah
  • Merasa sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Keluar bercak kecoklatan atau flek sebelum menstruasi tiba

Bunda suka dengan artikel Apa Itu Endometriosis? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perlunya Konsumsi Buah Saat Program Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Apa Itu Endometriosis?. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Apa Itu Endometriosis?, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/apa-itu-endometriosis/