Semua orang tua tentu menginginkan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sempurna dan sehat. Secara umum bayi sehat akan segera menangis sesudah lahir, bila tangisan tidak terdengar berarti ada kelainan. Adapun manfaat tangisan pertama adalah untuk melonggarkan saluran pernafasan sehingga berjalan dengan baik.  Sebagai orang tua, Anda pasti sering bertanya-tanya apakah bayi Anda sudah cukup makan, cukup tidur, atau sudah mencapai tahapan-tahapan tumbuh kembang pada usia yang ideal?

Pada bayi baru lahir, maka tanda-tanda bayi anda sehat adalah sebagai berikut:

  • Sesaat ketika lahir bayi segera menangis
  • Pernafasannya teratur
  • Banyak bergerak, jadi jangan heran kalo anak baru lahir yang belum dibedong sangat aktif bergerak.
  • Warna kulit kemerahan, jika kuning itu tanda ada kelaianan
  • Minimal berat badan baru lahir yang sehat adalah 2,5 Kg – 4 Kg.

Untuk hari-hari berikutnya, anda pun perlu memperhatikan kesehatan bayi anda, dengan mengenali tanda-tanda bayi anda sehat. Dengan demikian, maka anda tidak perlu khawatir jika telah mengetahui melalui tanda-tandanya bahwa bayi anda sehat. Tidak perlu cemas ketika bayi kehilangan berat badan hingga 10 persen dalam beberapa hari pertama setelah lahir. Setelah berumur 10 hari, berat badannya akan mulai naik.

Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Lalu pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi akan naik 500-600 gram per bulan. Memasuki usia 7-9 bulan, kenaikan berat badan bayi ideal 350-450 gram per bulan pada usia 10-12 bulan. Kenaikan berat badan sekitar 200 gram per bulan.

Berikut bisa anda jadikan patokan untuk mengetahui bayi anda sehat:

  • Kulit tubuh bayi tampak bersih terawat

Bayi yang sehat adalah memiliki tubuh yang terawatt dengan baik. Sebagai orang tua harus menjaga kebersihan bayi untuk selalu menjaga kesehatan bayi. Perhatikan kebersihan telinga, hidung, mulut, kuku dan sebagainya.

  • Berat badan selalu meningkat

Peningkatan berat badan merupakan salah satu pengukuran untuk mengetahui bahwa bayi anda dapat tumbuh dengan baik. Dengan adanya peningkatan berat badan pada tiap bulannya, maka bisa dikatakan bahwa kebutuhan nutrisi bagi bayi anda dalam proses pertumbuhannya sudah tercukupi. Sebaliknya jika berat badan mengalami penurunan, maka hal tersebut adalah menandakan bahwa nutrisi bayi anda belum cukup untuk pertumbuhannya.

  • Semakin hari akan semakin aktif

Kesehatan bayi anda akan nampak, ketika semakin hari ia akan semakin aktif dan selalu ingin belajar tentang sesuatu yang baru dilihatnya. Meskipun belum bisa berjalan, maka keaktifan bayi anda bisa dilihat dari gerakan-gerakan yang ia lakukan dari hari ke hari. Jika bayi anda sehat, maka gerakan bayi anda akan terus terjadi perkembangan.

  • BAB dan BAK lancar

Hal ini bisa menandakan bahwa asupan makanan cukup dan dia tumbuh dalam skala sehat meskipun kebutuhan bayi terhadap makanan berubah-ubah. Jika Anda memberi ASI, salah satu cara termudah mengetahui bahwa bayi Anda cukup minum susu adalah popok basah. Bayi baru lahir perlu ganti popok kira-kira 10 kali setiap hari.

Bunda suka dengan artikel Bagaimana Menandai Bahwa Bayi Anda Sehat? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Dari Mana Bayi Mendapatkan Kekebalan Tubuh?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Bagaimana Menandai Bahwa Bayi Anda Sehat?. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Bagaimana Menandai Bahwa Bayi Anda Sehat?, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/bagaimana-menandai-bahwa-bayi-anda-sehat/