Makanan selan ASI untuk bayi, diberikan setelah usia bayi 6 bulan. Makanan pendamping ASI yang anda berikan pun juga perlu diperhatikan, mulai dari tekstur makanan dan juga jumlah makanan yang akan anda berikan. Dari waktu ke waktu tentu akan mengalami perbedaan dalam pemberian nutrisi bayi agar sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan bayi anda.

Makanan pendamping ASI harus dikenalkan bertahap, karena mekanisme menelan dan kemampuan mencerna bayi masih lemah. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya reaksi simpang dari makanan, seperti alergi atau intoleransi terhadap makanan. Kenali langkah demi langkah pengenalan makanan yang diberikan sesuai pertumbuhan anak.

Karena perutnya yang masih sangat sensitif, makanan yang terlalu keras bisa membuat sistem pencernaannya terganggu, bahkan terluka. Oleh karena itu, sebaiknya MP-ASI yang diberikan kepada bayi lebih banyak bersifat puree (bubur).

Selain karbohidrat, sayur dan buah-buahan bisa jadi alternatif yang baik. Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan, si Kecil pun dapat sejak dini diperkenalkan dengan makanan-makanan sehat. Beberapa jenis buah dan sayur yang dianjurkan adalah bayam, tomat, pisang, pepaya dan alpukat. Berikut sebagai contoh makanan untuk bayi.

Makanan bayi usia 6 bulan

Tekstur makanan yang diberikan adalah semi cair. Mulailah dengan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air atau susu. Kenalkan pula bubur susu dalam jumlah sedikit demi sedikit. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu formula. Untuk pengenalan rasa, selingi dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning.

Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan atau di jus. Sayur dan buah yang disarankan adalah pisang, pir, alpukat, jeruk. Pemberian ASI atau susu formula di selang seling waktu makan utama.

Makanan bayi usia 7 bulan

Perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar (semi padat) yaitu bubur tim saring. Coba terus jika bayi menolak atau muntah seddikit demi sedikit, karena tahapan ini harus dilaluinya. Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.

Perhatikan asupan zat besi seperti hati sapi karena di usia ini cadangan zat besi bayi mulai berkurang. Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring. Jenis sayur dan buah yang disarankan: asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lobak, kol, mangga, blewah, timun suri, peach. Bisa juga ditambahkan ayam, sapi, hati ayam/sapi, tahu, tempe.

Makanan usia 9 bulan

Mulai dikenalkan dengan bubur beras atau nasi lembek, lauk pauk dengan sayuran seperti sup. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

Bunda suka dengan artikel Beberapa Jenis Makanan Untuk Bayi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Makanan Pendamping ASI Yang Baik. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Beberapa Jenis Makanan Untuk Bayi. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Beberapa Jenis Makanan Untuk Bayi, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/beberapa-jenis-makanan-untuk-bayi/