Meskipun mioma uteri merupakan tumor jinak yang tumbuh pada bagian uterus atau rahim, namun miom ini tumbuh tidak hanya pada satu tempat saja, sehingga mioma uteri memiliki nama-nama yang berbeda. Sesuai dengan lokasi tempat pertumbuhan mioma uteri, maka miom ini dibagi menjadi bermacam-macam sebutan untuk mioma uteri.

Beberapa nama untuk mioma uteri adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi Cerivical, umumnya tumbuh ke arah vagina menyebabkan infeksi. Isthmica, lebih sering menyebabkan nyeri dan gangguan pada system urin. Corporal, merupakan lokasi paling lazim, dan seringkali tanpa gejala.
  2. Lapisan Uterus. Mioma uteri pada daerah badan rahim, sesuai dengan lokasinya dibagi menjadi tiga jenis yaitu:
  • Mioma Uteri Subserosa

Lokasi tumor di subserosa korpus uteri hanya sebagai tonjolan saja, dapat pula sebagai satu massa atau benjolan yang dihubungkan dengan uterus melalui tangkai. Pertumbuhan ke arah lateral dapat berada di dalam serabut otot pada rahim dan disebut sebagai mioma intraligamenter. Mioma yang cukup besar sebagai suatu massa atau benjolan. Perlengketan dengan usus, menyebabkan sistem peredaran darah diambil alih dari tangkai. Akibatnya tangkai makin mengecil dan terputus, sehingga mioma akan terlepas dari uterus sebagai massa tumor yang bebas dalam rongga saluran anus. Mioma jenis ini dikenal sebagai jenis parasitik.

  • Uteri Intramural

Disebut juga sebagai mioma intraepitelial. Biasanya multipel apabila masih kecil tidak merubah bentuk uterus, tetapi bila besar akan menyebabkan uterus berbenjol-benjol, uterus bertambah besar dan berubah bentuknya. Mioma sering tidak memberikan gejala klinis yang berarti kecuali rasa tidak enak karena adanya massa tumor di daerah perut sebelah bawah. Kadang kala tumor tumbuh sebagai mioma subserosa dan kadang-kadang sebagai mioma submukosa. Di dalam otot rahim dapat besar, padat (jaringan ikat dominan), lunak (jaringan otot rahim dominan).

  • Uteri Submukosa

Terletak di bawah endometrium. Dapat pula bertangkai maupun tidak. Mioma bertangkai dapat menonjol melalui kanalis servikalis, dan pada keadaan ini mudah terjadi torsi atau infeksi. Tumor ini memperluas permukaan ruangan rahim.
Dari sudut klinik mioma uteri submukosa mempunyai arti yang lebih penting dibandingkan dengan jenis yang lain. Pada mioma uteri subserosa ataupun intramural walaupun ditemukan cukup besar tetapi sering kali memberikan keluhan yang tidak berarti. Sebaliknya pada jenis submukosa walaupun hanya kecil selalu memberikan keluhan perdarahan melalui vagina. Perdarahan sulit untuk dihentikan sehingga sebagai terapinya dilakukan histerektomi.

Bunda suka dengan artikel Beberapa Jenis Mioma Uteri ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Proses Menstruasi Yang Normal. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Beberapa Jenis Mioma Uteri. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Beberapa Jenis Mioma Uteri, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/beberapa-jenis-mioma-uteri/