Masa-masa yang dinantikan sekaligus yang mendebarkan akhirnya akan dilalui juga. Setelah selama 9 bulan (37-42 minggu) mengandung, maka saat ini yang perlu anda ketahui adalah mengenai tanda-tanda akan dimulainya persalinan, agar anda tahu kapan saatnya anda harus pergi ke klinik bidan untuk melahirkan. Bagi ibu yang pernah melahirkan mungkin tidaklah terlalu mencemaskan masa-masa ini, tapi bagi ibu yang baru hamil pertama kali sangat sulit untuk mendapatkan bayangan apa yang akan terjadi nanti. Ketakutan dan kebingungan seakan melekat dalam benak, apa yang harus dilakukan adalah bersikap rileks dan tenang,

Bagi Anda yang sedang menantikan kehadiran si buah hati tentunya sangat harap-harap cemas dan tidak sabar untuk segera melihat wajah mungil dan lucu si buah hati. Seorang wanita yang tengah dalam masa kehamilan minggu ke 39 dan 41, usia ini biasanya merupakan masa yang tepat untuk mengalami persalinan. Tapi tentu apabila akan melakukan persalinan normal tidak ada yang tahu pasti kapan waktu persalinan itu sendiri.

Dengan mengetahui tanda-tanda akan melahirkan atau persalinan ini, diharapkan Anda lebih siap dan tidak panik untuk menghadapi setiap prosesnya.

Tanda akan dimulainya persalinan

  • Keluar lender bercampur darah yang berwarna merah muda (Bloody show)

Jika telah muncul bloody show kemungkionan pertanda persalinan akan berlangsung sebentar lagi. Setiap ibu bervariasi antara beberapa minggu, hari dan beberapa jam lagi akan melahirkan. Selama masa kehamilan, bayi Anda tersumbat dalam rahim oleh mucus yakni gumpalan lendir yang lengket pada leher rahim. Sedangkan pada saat persalinan yakni dengan dimulainya cervix yang mulai membuka, sehingga gumpalan mucus tadi terhalau. Jadi pada waktu yang bersamaan, membran yang mengelilingi bayi anda dan cairan ketuban agak memisah dari dinding rahim. Sehingga penampakan dari darah dan mucus yang keluar yakni seperti cairan lengket berwarna merah muda yang keluar. Dan ini merupakan tanda anda segera akan menjalani proses persalinan.

  • Terjadinya kontraksi yang sering dan teratur.

Kontraksi ketika akan bersalin rasanya seperti mulas saat ingin buang air besar yang semakin lama semakin kuat dan sering. Ibu sebaiknya segera datang ke tempat bersalin jika kontraksi terjadi setiap 5-10 menit kontraksi dan makin lama makin kuat sakitnya. Pada saat akan dimulai persalinan, serviks akan membuka. Rahim akan berkontraksi dengan rentang waktu yang teratur. Saat mengalami kontraksi, perut akan menjadi kencang dan mengeras. Diantara rentang waktu kontraksi, perut akan relaksasi dan menjadi lunak kembali. Hingga dimulainya proses persalinan, bayi akan terus bergerak. Ini kontraksi sudah semakin sering, sebaiknya segeralah pergi ke klinik bidan tempat anda akan melahirkan.

  • Pecahnya selaput ketuban

Hal ini ditandai dengan keluarnya caran melalui vagina dan bukan air kencing. Air ketuban biasanya jernih dan tidak berbau, perlu di ketahui jika sudah pecah ketuban, biasanya kehamilan sudah tidak bisa di pertahankan lagi. Dengan desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi anda pada mulut cervix maka akan menyebabkan pecahnya air ketuban. Fungsinya yakni menampung dua liter air amniotik steril, yang pada saat keluar sekaligus juga membantu membersihkan jalur persalinan. Maka seiring dengan pecahnya membran, proses melahirkan akan berlangsung cepat. Dimana kepala bayi akan berusaha keras menekan cervix, untuk membukanya dan merangsang pelepasalan prostaglanding untuk memacu kontraksi anda.

Bunda suka dengan artikel Beberapa Tanda Akan Dimulainya Persalinan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Apa Saja Yang Dilakukan Selama Masa Program Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Beberapa Tanda Akan Dimulainya Persalinan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Beberapa Tanda Akan Dimulainya Persalinan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/beberapa-tanda-akan-dimulainya-persalinan/