Sperma atau spermatozoa yang merupakan cairan air mani yang dihasilkan oleh pria. Secara garis besar, Sperma adalah cairan yang membawa sel-sel spermatozoa yang dikeluarkan melalui alat vitalnya untuk membuahi sel telur di dalam rahim wanita.

Kelainan sperma masih sering dialami oleh sebagian pria. Menjaga atau meningkatkan kualitas sperma pria adalah hal penting. Memang tidak dipungkiri bahwa produksi sperma laki-laki tidak saja ditentukan hanya dari faktor makanan dan olahraganya saja, namun yang paling utama adalah mengenai gaya hidup. Ada beberapa pria dewasa yang memilki kemampuan alamiah untuk memiliki atau menghasilkan sperma dalam jumlah banyak dan berkualitas bagus. Namun masih sangat banyak pula pria yang memiliki masalah sperma, khususnya yang telah merencanakan untuk program kehamilan. Kelainan apa saja yang bisa terjadi pada sperma?

Beberapa jenis kelainan pada sperma:

  • Gangguan sperma Azoospermia

Azoospermia adalah kondisi saat pria berejakulasi, maka tidak terdapat sel sperma di dalam cairan air mani yang dikeluarkannya. Hal ini bisa terjadi akibat adanya sumbatan pada saluran vasdeverens yang merupakan saluran sperma, atau bisa juga disebabkan karena testis tidak mampu memproduksi sel sperma.

Oleh karena tidak ada sel sperma yang dikeluarkan, artinya tidak ada pula sel sperma yang akan membuahi sel telur wanita, sehingga kehamilan pun tidak terjadi. Untuk mengetahui adanya kelainan ini maka, diperlukan pemeriksaan khusus yang dilakukan oleh dokter.

  • Gangguan sperma Oligospermia

Oligospermia adalah kondisi sel sperma yang kurang dari jumlah seharusnya atau kurang dari jumlah normal. Normalnya setiap mili cairan mani, sedikitnya terdapat 20 juta sel sperma. Tiga factor penyebab utamanya adalah, makanan, gaya hidup dan lingkungan.  Sama halnya dengan azoospermia, maka pemeriksaan harus melalui dokter untuk mengetahui kondisi tersebut.

  • Gangguan sperma Asthenozoospermia

Asthenozoospermia adalah kelanan sperma yang berupa gerakan sel sperma yang lemah, dengan pergerakan yang lemah, maka akan sangat sulit untuk bisa mencapai sel telur yang akan dibuahi. Sehingga biasa sel sperma akan mati sebelum menemukan sel telur, dan hasilnya pembuahan antara sel sperma dan sel telur pun tidak akan terjadi. Dan untuk mengetahui hal ini pun juga perlu adanya pemeriksaan oleh dokter.

  • Gangguan sperma Teratospermia

Teratospermia merupakan kelainan yang terjadi pada sperma yang berupa bentuk sperma yang abnormal. Biasanya terjadi kelanan bentuk pada kepala atau ekor sel sperma. Dengan bentuk yang tidak normal, maka sel sperma tidak akan bisa membuahi sel telur. Dan kondisi ini bisa dilihat dengan pemeriksaan oleh dokter.

Bunda suka dengan artikel Berbagai Jenis Kelainan Pada Sperma Pria ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengenal Hamil Anggur. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Berbagai Jenis Kelainan Pada Sperma Pria. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Berbagai Jenis Kelainan Pada Sperma Pria, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/berbagai-jenis-kelainan-pada-sperma-pria/