Wanita dengan periode haid teratur akan memiliki antara 11 dan 13 periode menstruasi dalam satu tahun kalender, yang berarti bahwa mereka memiliki hingga 13 kesempatan untuk hamil setiap tahunnya. Di sisi lain, wanita yang ingin hamil tapi haid tidak teratur mungkin memiliki sedikit kesempatan untuk hamil setiap tahun, yang berpotensi membuat jalan menuju menjadi orang tua bagi mereka butuh perjalanan yang lebih lama.

Jika Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur, tentu masih bisa untuk hamil. Memahami penyebab periode haid tidak teratur dan bagaimana membantu Anda untuk lebih meemudahkan Anda dalam program hamil.

  • Bagaimana saya tahu jika menstruasi saya tidak beraturan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus mebuat catatan siklus haid Anda tiap bulannya. (Catatan: panjang total siklus menstruasi Anda adalah jumlah hari sejak awal satu periode sampai awal periode berikutnya). Menurut buku teks anatomi dan fisiologi, seorang wanita dengan siklus menstruasi teratur memiliki periode setiap 23 sampai 35 hari. Ini berarti bahwa Anda dapat dianggap normal meskipun periode Anda datang setiap 23 hari atau 35 hari atau di mana saja di antaranya, selama panjang siklus Anda biasanya tidak berbeda lebih dari beberapa hari di kedua sisi.

Di sisi lain, periode tidak teratur didefinisikan sebagai siklus haid yang secara konsisten lebih pendek dari 21 hari atau secara konsisten lebih lama dari 36 hari.

  • Apa yang mungkin menyebabkan siklus tidak teratur saya?

Sangat normal mengalami irregularitas dalam siklus haid Anda dari waktu ke waktu, terutama saat stres atau karena sakit. Bagi kebanyakan wanita, keteraturan siklus akan kembali setelah stres dan penyakit diatasi.

Bagi wanita dengan ketidakteraturan kronis, kemungkinan ada ketidakseimbangan hormonal yang mendasarinya (mungkin dengan estrogen dan progesteron) yang mempengaruhi frekuensi ovulasi atau menstruasi. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormonal.

Penyebab umum ketidakseimbangan hormon adalah kondisi medis yang dikenal dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Salah satu gejala PCOS adalah stimulasi beberapa folikel yang menghasilkan kadar estrogen tinggi, dan pelepasan telur yang tidak berhasil. Estrogen berlebihan merangsang lapisan rahim untuk menebal ke titik di mana ia harus mengelupas, yang berakibat pada pendarahan menstruasi meskipun tidak ada ovulasi yang pernah terjadi.

Wanita yang sedang berjuang mengatasi kelebihan berat badan seringkali mengalami ketidakseimbangan hormonal, yang berakibat pada periode menstruasi yang tidak teratur atau sama sekali tidak ada (disebut amenore). Selain itu, wanita yang berolahraga berlebihan (misalnya 3 jam per hari berolahraga berat) bisa menjadi tidak teratur. Kurangnya nutrisi akibat stres fisik akibat atau olah raga yang berlebihan dapat mengubah kimia otak, sehingga menyulitkan otak untuk memicu hormon yang diperlukan untuk perkembangan folikel. Kekurangan perkembangan folikel bisa menyebabkan defisiensi estrogen.

  • Mengapa periode tidak teratur mempengaruhi kesempatan saya untuk ingin punya keturunan?

Seperti yang sudah Anda ketahui, tidak mungkin untuk hamil tanpa sel telur, jadi semakin sedikit Anda berovulasi semakin sedikit peluang yang harus Anda bayangkan.

Cara Cepat Hamil Setelah Haid Bagi Anda yang Memiliki Siklus Haid Tidak Teratur

Cara Cepat Hamil Setelah Haid Bagi Anda yang Memiliki Siklus Haid Tidak Teratur

 

Untuk mengembalikan keteraturan siklus haid Anda. Anda dianjurkan membuat beberapa perubahan gaya hidup sehat (lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tentu saja!) Dapat membantu Anda memperbaiki keseimbangan hormon Anda dan membantu membuat menstruasi Anda lebih teratur:

  1. Makan makanan sehat dan seimbang: mengurangi makanan instan. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dan hindari makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak olahan.
  2. Mencapai berat badan yang sehat: Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan beberapa kilogram melalui pembatasan kalori moderat dan olahraga ringan bisa sangat bermanfaat, terutama jika Anda telah didiagnosis dengan PCOS. Demikian juga, jika Anda kekurangan berat badan, cobalah menambahkan beberapa kilo. Lemak tubuh sangat rendah dapat dikaitkan dengan tingkat estrogen rendah, yang dapat menyebabkan penyimpangan siklus.
  3. Konsumsilah suplemen yang meningkatkan kesuburan: Setiap wanita yang “mencoba-untuk-hamil” harus meminum vitamin hanya sebagai cara untuk memastikan bahwa mereka mengkonsumsi semua nutrisi yang mereka butuhkan untuk mempertahankan kehamilan yang sehat dan mendukung janin yang sedang tumbuh
  4. Olahraga terartur : Olahraga teratur merupakan kunci kesuburan. Namun, terlalu banyak latihan yang terlalu berat di alam bisa berdampak buruk pada kesuburan.

Langkah berikutnya yang sama pentingnya adalah menentukan masa subur Anda setiap siklus. Ingat bahwa untuk hamil, sperma harus Menunggu di tuba Fallopi Anda saat telur dilepaskan dari indung telur. Dan karena sperma hanya bisa bertahan hingga 5 hari di saluran reproduksi wanita, penting bagi Anda untuk bisa memprediksi kapan Anda akan berovulasi sehingga Anda bisa melakukan hubungan intim dengan tepat. Bagi wanita dengan periode haid tidak teratur, prediksi ovulasi bisa menjadi usaha yang membuat frustrasi. Agar tugas ini lebih mudah, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan monitor kesuburan elektronik seperti OvaCue.

Bunda suka dengan artikel Cara Cepat Hamil Setelah Haid Bagi Anda Yang Memiliki Siklus Haid Tidak Teratur ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Cepat Bagi Anda Yang Ingin Punya Momongan Lagi. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Cepat Hamil Setelah Haid Bagi Anda Yang Memiliki Siklus Haid Tidak Teratur. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Cepat Hamil Setelah Haid Bagi Anda Yang Memiliki Siklus Haid Tidak Teratur, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/cara-cepat-hamil-setelah-haid-bagi-anda-yang-memiliki-siklus-haid-tidak-teratur/