Sebagai catatan penting, jika terjadi perubahan pada payudara anda, maka anda perlu menyikapinya secara hati-hati. Jika penyebabkan dapat diketahui sejak dini, maka penanganannya pun juga bisa dilakukan dengan segera. Tindakan ini dapat membuahkan hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, mencegah timbulnya gangguan payudara sangatlah penting.

Berikut pencegahan yang bisa dilakukan untuk menangkal kanker payudara:

  • Buat catatan bulanan

Keteraturan siklus menstruasi dapat diketahui dengan cara menghitung hari, bukan berdasarkan tangal tiap bulannya. Catatlah pula segala hal atau perubahan yang dirasakan setiap menjelang, saat, dan setelah mestruasi. Segera temui dokter jika siklus haid kurang dari 14 hari atau lebih dari 40 hari. Kemudian jika lamanya haid lebih dari 14 hari, dan jika volume atau jumlah darah haid yang keluar terlalu banyak.

  • Hindari makanan tinggi lemak

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak akan beresiko lebih tinggi dibandingkan wanita yang mengkonsumsi makanan rendah lemak. Hal ini bisa terjadi karena kandungan zat-zat dalam lemak yang tidak dipecah dalam proses metabolism tubuh, sehingga menyebabkan hormone-hormon estrogen yang terdapat di dalam tubuh tidak mampu bekerja dengan baik. Akibatnya bisa menimbulkan kista, miom, dan gangguan lain pada organ yang aktivitasnya berhubungan dengan hormone estrogen, termasuk juga payudara.

  • Rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)

Sebenarnya untuk mengetahui kondisi payudara anda apakah normal atau tidak, maka anda sangat dianjurkan untuk rajin melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI secara rutin. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan tiap bulan, kira-kira seminggu setelah menstruasi selesai.

Beberapa kondisi payudara yang tidak perlu dikonsultasikan ke dokter adalah:

  • Wanita muda (kurang dari 35 tahun) dengan benjolan pada payudara dan terasa sakit.
  • Wanita kurang dari 40 tahun dengan benjolan yang seimbang.
  • Wanita kurang dari 50 tahun dengan keluarnya cairan dari putting susu dan tidak berwarna merah.
  • Wanita dengan keluhan nyeri dan benjolan yang tidak jelas batasnya.

Beberapa kondisi payudara yang perlu dikonsultasikan dengan dokter:

  • Benjolan yang berbatas dengan  jelas, terdapat pada satu sisi setelah haid.
  • Nyeri yang berhubungan dengan adanya benjolan, tidak dapat diatasi dengan pengobatan, dan terdapat di satu sisi payudara pada payudara mwanita yang telah menopause.
  • Keluar cairan dari putting payudara wanita berumur lebih dari 50 tahun. Khusus wanita kurang dari 50 tahun, cairan berwarna merah dan keluar secara spontan tanpa adanya suatu rangsangan tertentu.
  • Kelainan putting, yaitu putting susu tenggelam.

Bunda suka dengan artikel Cara Mencegah Terjadinya Kanker Payudara ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tanda Dan Gejala Kanker Payudara. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Mencegah Terjadinya Kanker Payudara. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Mencegah Terjadinya Kanker Payudara, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/cara-mencegah-terjadinya-kanker-payudara/