Depresi pasca melahirkan atau sindrom baby blues  merupakan depresi yang dialami Ibu setelah melahirkan, yang sifatnya bisa ringan hingga berat. Baby blues sendiri bisa terjadi segera setelah melahirkan atau ada yang mengalaminya setahun kemudian. Namun sebagian besar muncul pada 3 bulan pertama usai melahirkan.

Penyebab dari kejaian ini, berbeda-beda pada wanita, namun selain karena perubahan hormone, kebanyakan terjadi karena tidak siapnya psikis atau menthal seorang wanita untuk mengarungi kehidupan barunya dengan kehadiran anak. Hal ini ditandai dengan perasaan cemas, gelisah, mudah menangis, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum melahirkan, lakukan persiapan yang matang untuk menyambut kehadiran bayi anda. Persiapan bisa meliputi persiapan fisik (perlengkapan bayi, dana, dan sebagainya) maupun persiapan mental. Karena seorang ibu yang sudah matang dan siap dalam menghadapi persalinan, maka mental ibu akan terasah tatkala ibu memiliki buah hati baru.

Cara untuk mengatasi sindrom baby blues adalah:

  • Selalu berdo’a kepada Tuhan agar diberikan kemudahan dalam mengurus keluarga barunya.
  • Tanamkan pada diri untuk selalu bersikap ikhlas dan tulus berperan sebagi ibu baru.
  • Belajar bersikap tenang, lakukan relaksasi dengan mengambil nafas panjang dan fleksibel dalam mengurus bayi anda.
  • Bicarakan dengan orang rerdekat anda, terutama pada suami anda, atas apa yang anda rasakan, agar kiranya bisa memberikan masukan yang erarti bagi anda.
  • Banyak melakukan kegiatan/aktifitas yang bermanfaat seperti membaca, berbincang dengan suami, saudara, dan lainnya.
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri dan memanjakan keinginan sendiri setidaknya selama 15 menit untuk menghilangkan rasa stres dan lelah pasca melahirkan, bicarakan dengan suami untuk perawatan bayi anda.
  • Biarkan pasangan atau keluarga membantu dalam urusan rumah tangga dan mengurus si kecil.
  • Bergabung dan berbagi cerita dengan ibu-ibu baru. Hal ini akan lebih meringankan beratnya beban karena kecemasan yang anda alami. Dengan menambah kenalan baru, maka makin banyak tempat anda berbagi atau sharing pengetahuan agar sama-sama member manfaat.

Untuk langkah lebih lanjut, tak ada salahnya kalau Anda mencoba berkonsultasi dengan dokter apakah baby blues syndrome yang dialami termasuk parah atau biasa-biasa saja. Hal tersebut sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya guna menangani sindrom ini supaya tidak mengganggu kelanjutan kehidupan Anda dan keluarga.

Bunda suka dengan artikel Cara Mengatasi Baby Blues ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tanda-Tanda Ibu Mengalami Baby Blues. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Mengatasi Baby Blues. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Mengatasi Baby Blues, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/cara-mengatasi-baby-blues/