Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap individu. Terlebih bagi balita, karena tumbuh kembangnya sangat dipengaruhi dengan pengalaman yang ia dapatkan dari lingkungan salah satunya dengan bermain.

Akan tetapi, karna faktor cuaca terkadang balita terserang flu yang dapat mengganggu segala aktifitasnya. Sebagai seorang ibu kita tidak boleh menyepelekan penyakit apapun termasuk flu yang diderita anak. Karena flu dapat mempengaruhi nafsu makan anak yang selanjutnya dapat menimbulkan masalah atau penyakit yang lebih serius jika tidak ditangani secara tepat.

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi & Balita

Oleh karena itu, penanganan dini perlu dilakukan agar anak dapat kembali menikmati masa emasnya dalam bermain dan belajar.

Berikut beberapa tips yang dapat ibu lakukan jika anak terserang flu.

  • Untuk hidung yang mampet, ibu bisa membuat aromaterapi.

Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam wadah yang berisi air panas. Simpan wadah tersebut di pojok kamar yang tertutup di mana si kecil berada. Uap yang dihasilkan dari air panas yang telah bercampur dengan minyak kayu putih tersebut akan membantu melegakan hidung s kecil yang mampet.

  • Isritahat yang cukup

Pada saat tidur, tubuh senantiasa mengatur ritmenya untuk mengoptimalkan setiap fungsi organnya. Sehingga istirahat yang cukup dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang tak terkecuali balita. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengatur pola tidur si kecil agar tubuhnya mampu melawan infeksi penyebab flu tersebut. Ibu juga dapat memberikan si kecil posisi tidur miring atau tengkurap. Dua posisi ini bisa membantu melegakan pernapasan.

  • Perbanyak minum air putih

Flu merupakan penyakit yang berhubungan dengan cairan tubuh. Oleh sebab itu, ibu harus memperhatikan asupan cairan si kecil. Selain itu ibu juga dapat memberikan larutan cap kaki tiga bagi si kecil untuk meredakan flu yang menyerangnya.

  • Berikan makanan yang mampu mengencerkan secret (ingus)

Ibu dapat memberikan makanan seperti sup pada si kecil karena cairan hangat dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat.

  • Berikan obat luar

Sistem tubuh si kecil masih begitu rentan untuk mengkonsumsi obat-obatan. Oleh karena itu, jika masih memungkinkan ibu perlu memilih obat luar bagi si kecil agar lebih aman. Misalnya dengan membalurkan minyak angin atau balsem ke bagian dada, leher, dan punggung agar bisa membantu melegakan pernapasan si Kecil.

Semoga bermanfaat ya bu….

Baca juga tentang tips mengatasi morning sickness. Semoga memberi inspirasi bagi bunda. Aamiin …

Bunda suka dengan artikel Cara Mengatasi Flu Pada Bayi & Balita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Tepat Mengatasi Morning Sicknes. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Mengatasi Flu Pada Bayi & Balita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Mengatasi Flu Pada Bayi & Balita, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/cara-mengatasi-flu-pada-bayi-balita/