Masa persalinan adalah salah satu pengalama yang paling mendebarkan bagi seorang wanita. Setelah melalui proses persalinan maka wanita akan berada pada masa nifas. Masa nifas adalah darah yang keluar dari seorang wanita karena melahirkan. Masa nifas merupakan masa pembersihan rahim, dan proses pemulihan rahim untuk bisa kembali normal sebagaimana mestinya seperti saat sebelum mengalami kehamilan. Biasanya akan berlangsung selama 6 minggu atau 40 hari. Sama halnya seperti masa haid, darah nifas juga mengandung trombosit, sel-sel degeneratif, sel-sel nekrosis atau sel mati, dan sel-sel endometrium yang tersisa di dalam rahim.

Setelah melahirkan, maka tubuh pun akan memulai tugas yang baru setelah tugas dalam menjaga kehamilan usai, maka setelah melahirkan diperlukan pemulihan tubuh, utamanya rahim. Setelah selama kurang lebih 9 bulan, rahim mengalami pembesaran akibat kehamilan, saat setelah persalinan tidak serta merta akan berubah sendiri ke dalam bentuk semula. Perlu ada proses untuk memulihkan kembali kondisi rahim hingga sama seperti saat sebelum hamil. Dan masa-masa pemulihan tersebut, tepatnya berlangsung pada masa nifas.

Pada masa nifas, maka akan keluar darah yang berasal dari rahim melalui vagina. Untuk beberapa hari, pengeluaran darah akan berbeda-beda yang ditandai dengan warna dan struktur darah yang keluar. Darah tersebut dikenal dengan istilah lochea. Lochea merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengeluaran-pengeluaran dari rahim dan vagina selama masa nifas. Lochea mempunyai struktur, bau khas dan jumlah yang berbeda setiap individu. Ada 4 macam lochea yang keluar setelah masa persalinan, yaitu:

  • Lochea rubra

Lochea rubra merupakan pengeluaran yang berisi darah segar dan sisa-sisa selaput ketuban, sel-sel desidua, lemak janin, rambut halus janin, mekonium/ kotoran janin yang berwarna hitam, pengeluaran seperti ini berlangsung selama 2 hari pascapersaslinan/ pada masa nifas. Darah yang keluar akan cenderung berwarna gelap.

  • Lochea sanguinolenta

Lochea sanguinolenta adalah lochea yang berwarna merah kekuning-kuningan berisi darah dan lendir. Keluar hari 3-7 hari berikutnya setelah pengeluaran lochea rubra.

  • Lochea serosa

Lochea serosa adalah lochea yang darahnya sedikit dan lebih banyak serum yang terdiri dari leukosit dan tempat plasenta. Keluar pada hari 7-14 hari berikutnya setelah pengeluaran lochea sanguinolenta.

  • Lochea alba

Lochea alba adalah cairan lebih pucat, berwarna putih kecoklatan karena berisi mukosa serviks,leukosit,debris dan jaringan lainnya. Keluar setelah 2 minggu berikutnya setelah pengeluaran lochea serosa.

Bunda suka dengan artikel Darah Yang Keluar Pada Masa Nifas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kebutuhan Nutrisi Menjelang Persalinan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Darah Yang Keluar Pada Masa Nifas. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Darah Yang Keluar Pada Masa Nifas, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/darah-yang-keluar-pada-masa-nifas/