Fakta-fakta mengenai kesuburan akhir-akhir ini memang sangat menarik untuk disimak, lantaran di jaman modern saat ini banyak pasangan suami istri yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan karena masalah kesuburan yang sudah umum ini.Oleh karena itu, pasti setiap pasangan langsung memeriksakan diri ke dokter-dokter ahli. Dan apabila kita sudah divonis tidak subur, sebaiknya jangan sampai kita langsung merasa putus asa dan rendah diri.

Fakta Mengenai Kesuburan yang Harus Anda Ketahui

Kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau yang perlu dihindari untuk cepat mendapatkan keturunan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengubah Pola Makan

Ya, dengan mengubah pola makan ternyata dapat mempengaruhi secara drastis mengenai jumlah persentase kemungkinan anda untuk segera hamil. Cara yang menyebutkan tentang pola makan itu diperoleh dari sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Harvard. Penelitian itu sendiri melibatkan sekurangnya 18.000 wanita, yang menunjukkan jika makanan sangat mempengaruhi kesuburan wanita. Dan rupanya, sebanyak 20 hingga 30 % responden wanita yang berjuang untuk memiliki keturunan bisa mengatasi kesulitan mereka itu dengan mengubah pola makannya sehari-hari.

  • Tidak Perlu Menggunakan Obat Kimia

Ya, beberapa penelitian juga menunjukkan, tidak perlu adanya campur tangan dari obat-obatan kimia apapun. Seharusnya, kita jangan sangat bergantung pada obat-obatan kimia yang disarankan oleh dokter. Karena tidak semua obat-obatan yang berbahan dasar kimia itu baik bagi kesuburan dan juga kesehatan tubuh.

  • Perbanyak Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Wanita yang sehari-harinya biasa menyantap karbohidrat sederhana, yaitu karbohidrat yang cepat diubah untuk menjadi gula di dalam darah, seperti misalnya kentang, pasta putih, soda manis, dan juga makanan atau minuman yang mengandung banyak gula pasir, akan memiliki persentase sebanyak 92% bakal menimbulkan kemungkinan tidak subur jika dibandingkan dengan wanita yang biasa mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti yang terkandung di dalam roti gandum ataupun beras merah.

  • Hindarilah Lemak Trans atau Lemak Jahat

Seperti yang kita ketahui, lemak trans atau yang biasa disebut lemak jahat ini jugalah yang memiliki peranan besar dalam ketidaksuburan yang dialami wanita. Jika kita mengonsumsi lemak trans sebesar 4 gram saja, maka bisa menciptakan ketidaksuburan sampai 30%. Wow..dampaknya cukup besar bukan? Makanan yang banyak mengandung lemak trans itu adalah fried chicken dan aneka macam gorengan.

  • Lebih Baik Mengonsumsi Protein Nabati Daripada Hewani

Makanan yang sangat baik bagi tumbuh dan kembangnya wanita adalah protein. Ya, banyak dokter yang menyarankan kepada para pasien wanitanya untuk lebih banyak mengonsumsi protein nabati, seperti misalnya yang terdapat pada tahu, tempe, buncis, dan kacang-kacangan lainnya. Sementara wanita yang sering menyantap protein hewani seperti daging ayam dan sapi, akan memiliki kemungkina tidak suburnya sebanyak 41%.

  • Jangan Terlalu Banyak Menyerap Susu Rendah Lemak

Dampak terbalik rupanya justru justru terdapat pada lemak susu. Ya, para peneliti menemukan jikalau susu penuh atau yang bukan merupakan skim, yoghurt full-fat, keju cottage, dan es krim, bisa meningkatkan peluang yang dimiliki oleh si wanita untuk hamil. Justru bila wanita mengonsumsi produk susu rendah lemak ataupun susu skim, dapat meningkatkan ketidaksuburan. Fakta yang baru terungkap ini tentu saja berbanding terbalik dengan anggapan yang selama ini sudah dipercaya sebagian orang, bahwa susu rendah lemak itu jauh lebih baik.

  • Seraplah Sedikitnya 0,4mg Asam Folat

Setiap wanita juga perlu mengonsumsi minimal 0.4 mg asam folat atau folat dalam satu harinya. Sumber folat yang dimaksud ini diantaranya adalah dari buah jeruk, tomat, sayuran hijau, hati ayam, kacang-kacangan, dan sereal whole grain. Folat inilah yang sangat esensial terutama pada tiga bulan pertama masa  kehamilan. Folat ini dapat mencegah bayi yang lahir dengan cacat tubuh, misalnya seperti kasus bayi yang lahir dengan tulang punggungnya yang belum terbentuk sempurna, atau yang disebut dengan istilah spina bifida.

  • Sebisa Mungkin Hindarilah Xenoestrogen

Wanita juga sebisa mungkin harus menghindari xenoestrogen, yang merupakan zat toksin yang mempunyai struktur kimia seperti estrogen, sehingga dapat menipu tubuh. Xenoestrogen ini akan menempati sel-sel yang terdapat pada reseptor estrogen, kemudian mengirimkan sinyal toksin yang dapat mengacaukan sistem metabolisme di dalam tubuh, termasuk salah satunya adalah bisa mengganggu proses ovulasi. Sumber xenoestrogen yang perlu kita jauhi diantaranya adalah pewarna rambut, makanan yang dihangatkan dengan menggunakan plastik, dan residu pestisida sayuran.

  • Antioksidan Baik Untuk Melindungi Sel Telur

Wanita disarankan juga untuk mengonsumsi antioksidan seperti vitamin E dan C yang bermanfaat baik untuk melindungi sel telur dari stress yang anda alami. Seperti yang terdapat pada minyak zaitun dan kecambah. Dan jikalau anda sedang ingin hamil, sebaiknya jangan memakan terong. Sebab, buah terong mengandung senyawa yang dinamakan solanin, yang bisa menekan ovulasi. Bahkan, buah terong ini bisa disebut juga sebagai bahan KB alami.

  • Jauhilah Rokok, Alkohol, Dan Stress

Wanita yang ingin hamil juga harus menjauhi diri dari rokok ataupun alcohol, sebab bisa mengurangi kesuburan secara drastis. Selain itu, wanita yang sedang melakukan program hamil dalam waktu dekat, sebisa mungkin harus menghindari pikiran-pikiran yang dapat mengakibatkan stress pada dirinya, dan juga harus menghindari obesitas.

Baca juga tentang Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan dan Madu Penyubur Kandungan

Bunda suka dengan artikel Fakta Mengenai Kesuburan Yang Harus Anda Ketahui ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Dasar Merencanakan Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Fakta Mengenai Kesuburan Yang Harus Anda Ketahui. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Fakta Mengenai Kesuburan Yang Harus Anda Ketahui, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/fakta-mengenai-kesuburan-yang-harus-anda-ketahui/