Kanker serviks bisa terjadi karena terinveksi Human Papiloma Virus atau dikenal dengan istilah virus HPV.

Beberapa faktor resiko terkena kanker serviks antara lain:

  • Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda.
  • Sering berganti ganti pasangan seksual.
  • Sering menderita infeksi daerah kelamin.
  • Melahirkan banyak anak.
  • Kebiasaan merokok ( resikonya 2 kali lebih besar).
  • Kekurangan vitamin A, E, dan C

Selain factor tersebut, penyakit kanker serviks juga bisa terjadi atau berkembang karena factor berikut ini:

  • Tidak melakukan Tes Pap Smear secara teratur. Kanker serviks lebih sering terjadi pada wanita yang tidak menjalani tes Pap secara teratur. Tes Pap Smear membantu dokter menemukan sel abnormalyang tidak normal. Menghapus atau membunuh sel-sel abnormal akan mencegah kanker serviks.
  • Merokok. Di antara wanita yang terinfeksi HPV, merokok lebih meningkatkan resiko terjangkit kanker serviks dibandingkan yang tidak merokok.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV (virus penyebab AIDS) atau mengkonsumsi obat yang menekan sistem kekebalan tubuh meningkatkan risiko kanker serviks.
  • Kehidupan seksual yang tidak sehatWanita yang memiliki banyak pasangan seksual memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker serviks. Demikian pula seorang wanita yang telah berhubungan seks dengan pria yang memiliki banyak pasangan seksual menghadapi resiko lebih tinggi mengalami kanker serviks. Dalam kedua kasus di atas, risiko menderita kanker serviks atau leher rahim lebih tinggi karena wanita memiliki risiko yang lebih tinggi terinfeksi HPV.
  • Menggunakan pil KB dalam waktu yang lama. Menggunakan pil KB untuk waktu yang lama (5 tahun atau lebih) sedikit meningkatkan resiko serviks pada wanita dengan infeksi HPV. Namun, risiko menurun dengan cepat ketika wanita berhenti menggunakan pil KB.
  • Melahirkan banyak anakPenelitian menunjukkan bahwa melahirkan banyak anak (5 atau lebih) sedikit meningkatkan resiko kanker serviks atau leher rahim pada wanita dengan infeksi HPV.
  • Karena ekonomi yang rendah. Banyak wanita yang tidak mampu tidak punya akses ke layanan-layanan medis yang memadai, misalnya tes Pap Smear. Ketika wanita tersebut menderita pra-kanker serviks, penyakit biasanya tetap tidak terdiagnosa dan tidak diobati sampai penyakit itu berkembang menjadi kanker serviks dan menyebar ke bagian-bagian lain dari tubuh. Wanita yang tidak mampu biasanya juga kekurangan gizi yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks.
  • Kurang menjaga kebersihan.  Hasil studi lain menunjukkan bahwa risiko kanker serviks lebih tinggi pada wanita dengan kebersihan yang minim karena mereka lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi HPV abadi jika mereka terkena virus.
  • Penyakit menular lainStudi baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita herpes bersama-sama dengan infeksi HPV ternyata menggandakan risiko tumbuhnya sel kanker serviks. Studi lain juga mengamati orang yang menderita infeksi HPV dan bakteri klamidia (chlamydia). Dari studi ini ditemukan bahwa risiko tumbuhnya sel kanker meningkat sekitar 80% pada wanita yang menderita dua infeksi tersebut.
  • Paparan bahan kimia. Wanita-wanita yang bekerja di pabrik tertentu bisa terpapar bahan kimia yang bisa meningkatkan risiko mereka terserang kanker serviks. Paparan bahan kimia juga terjadi langsung pada vagina wanita yang menggunakan pembalut dengan bahan kertas daur ulang yang menjalani proses pemutihan.

Bunda suka dengan artikel Faktor Penyebab Kanker Serviks ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Nyeri Haid. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Faktor Penyebab Kanker Serviks. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Faktor Penyebab Kanker Serviks, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/faktor-penyebab-kanker-serviks/