Seorang ibu yang akan melahirkan harus memiliki pengetahuan mengenai kolostrum, agar bisa memanfaatkan dengan bak. Yang dimaksud dengan kolostrum dalam ASI adalah merupakan cairan pra-susu (cairan yang keluar sebelum ASI sebenarnya berproduksi) dan cairan ini berwarna kekuningan yang keluar pada awal-awal masa menyusui, yaitu pada 24-36 jam pertama setelah proses melahirkan selesai.

Tubuh ibu mulai memproduksi kolostrum pada saat usia kehamilan tiga sampai empat bulan. Pada masa ini pengeluaran kolostrum masih dihambat oleh estrogen dan progesterone, tetapi jumlah prolaktin meningkat hanya aktivitas dalam pembuatan kolostrum yang ditekan. Banyak wanita usia reproduktif ketika ia melahirkan seorang anak tidak mengerti dan memahami bagaimana pembentukan kolostrum yang sebenarnya sehingga dari ketidaktahuan ibu tentang pembentukan kolostrum ia akhirnya terpengaruh untuk tidak segera memberikan kolostrum pada bayinya.

Kolostrum berupa cairan kental berwarna kekuningan serta konsentrasinya agak kasar sebab mengandung butiran lemak dan sel-sel epitel. Kolostrum merupakan zat penting yang tak bisa tergantikan, meskipun komposisi dari kolostrum ini selalu berubah dari hari ke hari. Banyak kandungan yang terdapat dalam cairan emas ini.

Kandungan Kolostrum dalam tubuh Wanita

Diantara kandungan kolostrum adalah banyaknya vitamin dan mineral yang sangat penting bagi perkembangan serta pertumbuhan sang bayi itu sendiri tubuh, yaitu vitamin A, B carotene dan vitamin E. Selain hal tersebut kandungan yang terdapat dalam kolostrum lainnya adalah mengandung kadar sel darah putih yang tinggi yang bersifat protektif menghancurkan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Kolostrum mengandung lebih dari 95 jenis factor imunitas yang berguna untuk melawan penyakit akibat infeksi virus, bakteri, jamur dan bibit penyakit lainnya. Immunoglobulin yang dapat meningkatkan daya imunitas tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit dan bibit penyakit. Selain itu, di dalam kolostrum juga mengandung lactoferrin yang merupakan protein yang berfungsi sebagai anti-virus, anti bakteri, dan meningkatkan kadar oksigen pada jaringan tubuh.

Dan juga mengandung proline-rich polypeptide yang merupakan hormone yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan aktifitas kerja imunitas tubuh. Kaya kandungan nutrisi, Protein, vitamin dan mineral untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh. Berbagai kandungan nutrisi susu ini untuk mendukung proses kerja imunitas tubuh, perbaikan dan regenerasi sel dalam jaringan tubuh, serta keseimbangan proses metabolisme tubuh secara optimal. Maka dari itu, sebaiknya para ibu yang baru melahirkan hendaknya memberikan ASI kolostrum pada bayinya.

Bunda suka dengan artikel Kandungan Pada Kolostrum ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Relaksasi Tubuh Ibu Nifas. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Kandungan Pada Kolostrum. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Kandungan Pada Kolostrum, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kandungan-pada-kolostrum/