Ketika dinyatakan hamil, maka pasangan suami istri akan sangat bahagia, terlebih lagi jika terjadi pasangan yang baru. Karena sebentar lagi gelar ayah dan ibu akan melekat padanya. Yang artinya akan memiliki tugas baru lagi, yaitu menjaga, memelihara, mendidik dan mengasuh anak.

Hal yang kebanyakan juga sangat dinanti-nantikan oleh ibu hamil adalah merasakan gerakan janin dalam kandungannya. Seringkali wanita hamil, terutama yang baru kehamilan pertama menanyakan kapan ia bisa merasakan gerakan janinnya. Sambil mengelus-ngelus perutnya dan berharap bisa segera merasakan gerakan janin yang dikandungnya.

Ibu hamil memang sangat penting untuk memperhatikan gerakan-gerakan janin dari waktu ke waktu. Mengapa demikian? Karena, gerakan janin memang memiliki arti tertentu, gerakan janin yang aktif, bisa menandakan bahwa janin tumbuh sehat. Dan jika gerakan janin tiba-tiba berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnya, maka bisa menandakan janin dalam kondisi menurun kesehatannya, sehingga perlu segera memeriksakan ke dokter ahli kandungan untuk mengetahui kondisi terkini janin anda.

Pada trimester pertama merupakan masa-masa pertumbuhan janin. Pembentukan organ-organ janin sebelum berfungsi sebagaimana mestinya. Pada masa-masa pertumbuhan, sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Agar pertumbuhan dan perkembangan janin bisa berjalan dengan baik. Pertumbuhan dan perkembangan janin akan dapat ditandai atau dirasakan oleh ibu hamil ketika janinnya. Kebanyakan ibu hamil akan merasa sangat senang dan bahagia ketika merasakan gerakan-gerakan janinnya atau tendangan-tendangan dari dalam yang sangat dirindukannya.

Kapan gerakan awal janin bisa dirasakan oleh ibu hamil?

Sebenarnya, pada usia kehamilan 9 minggu janin sudah mulai bergerak, namun gerakan janin pada usia ini belum bisa dirasakan oleh ibu hamil. Janin akan terus berkembang dan gerakan janin akan semakin dirasakan oleh ibu. Gerakan pertama janin dapat anda rasakan dimulai sejak usia kehamilan rata-rata 16 minggu. Namun masih dikatakan normal jika pergerakan awal janin terjadi pada 16 – 20 minggu  kehamilan. Hal ini terkadang tiap wanita memiliki reaksi atau kepekaan yang berbeda pada tubuhnya.

Apa lagi jika kehamilan pertama, biasanya merasakan gerakan janinnya agak lambat, baik itu karena factor dari janin atau karena tubuh ibunya yang kurang peka terhadap sentuhan. Tetapi, pada awal pergerakannya, tidak akan langsung dirasakan ibu hamil sebagaimana mestinya. Namun, bisa berupa seperti hembusan angin, kedutan, atau getaran-getaran dari dalam. Dan akan semakin terasa dengan jelas seiring berjalannya waktu yang akan menandakan usia kehamilan [un semakin bertambah. Sehingga janinpun akan semakin tumbuh dan berkembang.

Bunda suka dengan artikel Kapan Ibu Akan Merasakan Awal Gerakan Janin Pertama ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Memanfaatkan Waktu Luang Saat Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Kapan Ibu Akan Merasakan Awal Gerakan Janin Pertama. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Kapan Ibu Akan Merasakan Awal Gerakan Janin Pertama, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kapan-ibu-akan-merasakan-awal-gerakan-janin-pertama/