Kelahiran merupakan masa-masa yang istimewa, dinantikan sekaligus menjadi saat-saat yang mendebarkan bagi wanita. Namun, kebahagiaan yang tak terkira ketika telah melihat bayi yang selama kurang lebih 9 bulan berada di dalam rahimnya. Kini telah nyata berada di depan mata. Sehingga rasa sakit saat melahirkan pun akan berubah menjadi rasa haru dan bahagia dengan kelahiran bayi mungil sebagai pelengkap kebahagiaan rumah tangga. Ada beberapa hal yang diperlukan oleh ibu yang telah melahirkan, agar bisa menjalani masa nifas dengan baik.

Setelah melahirkan, wanita tentu akan memiliki peran yang lebih lagi, selan merawat tubuhnya, dia juga memiliki tugas baru untuk merawat, baik dari segi nutrisi maupun kebersihan bayi perlu diperhatikan. Maka dari itu keluarga maupun suami perlu mengerti kondisi ini, apalagi jika hal tersebut adalah merupakan pengalaman pertama. Masa nifas juga merupakan masa pelatihan bagi wanita dalam mengurus bayinya. Apa sajakah sebenarnya yang menjadi kebutuhan ibu setelah melahirkan?

Beberapa kebutuhan wanita setelah melahirkan:

  • Posisi dan lingkungan yang nyaman

Setelah melahirkan, tentu kondisi tubuh tidak segera kembali seperti semula saat sebelum hamil. Proses pemulihan ini disebut masa nifas. Setelah melahirkan, tubuh wanita memerlukan posisi yang nyaman untuk duduk, maupun berbaring. Terlebih lagi jika terdapat jahitan pada vagina atau jalan lahir. Tentu hal ini segalanya akan dilakukan secara lebih hati-hati. Selain itu, wanita setelah melahirkan juga membutuhkan lingkungan temat tinggal yang nyaman dan aman. Sebaiknya sebelum tiba masa melahirkan, maka kondisi lingkungan tempat tinggal sebisa mungkin dengan bantuan suami atau keluarga, ciptakan senyaman mungkin dalam menyambut kehadiran bayi dalam rumah.

  • Waktu istirahat

Pada saat setelah melahirkan, maka wanita sangat membutuhkan waktu untuk istirahat meskipun juga harus memperhatikan bayinya. Apalagi pada masa nifas, tentu tugasnya juga akan bertambah sebagai istri dan ibu, dan juga terhadap kebutuhan dirinya. Untuk itu usahakan berikan pengertian kepada suami agar kiranya bisa memaklumi kondisi istri jika tidak semua pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal.

  • Pengertian dari suami

Dalam kondisi saat masa nifas, maka sangat dibutuhkan pengertian dari suami atau keluarga dekat.

  • Nutrisi yang tepat

Saat setelah melahirkan, pada masa nifas nutrisi yang dibutuhkan akan jauh lebih meningkat dibandingkan saat masa kehamilan. Oleh karena wanita dalam masa nifas perlu memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari.

  • Perawatan tubuh

Setelah melahirkan, maka tubuh wanita tidak langsung akan kembali seperti saat sebelum hamil. Kebanyakan akan mengalami tubuh yang melar, sehingga perlu dilakukan perawatan yang tepat dan yang tetap aman untuk kesehatan tubuh.

Bunda suka dengan artikel Kebutuhan Wanita Setelah Melahirkan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perlukah Memberikan Rasa Tertentu Pada Makanan Bayi?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Kebutuhan Wanita Setelah Melahirkan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Kebutuhan Wanita Setelah Melahirkan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kebutuhan-wanita-setelah-melahirkan/