Diabetes atau dikenal juga sebagai kencing manis merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan di kalangan masyarakat kita. Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung dan ginjal, jika tidak terkontrol dengan baik. Saat seorang wanita dengan penyakit diabetes, kemudian ingin hamil apakah akan mempengaruhi kehamilannya? Jika anda terkena penyakit diabetes dan ingin hamil, maka hal paling dasar anda fikirkan adalah, apakah anda mampu mengontrol diabetes lebih ketat pada masa kehamilan. Pola makan wanita hamil tentunya membutuhkan asupan gizi yang lebih dari pada wanita biasa, sedangkan penderita diabetes membatasi asupan-asupan tersebut.

Kemungkinan dokter mungkin tidak akan mengizinkan anda untuk hamil jika gula anda tidak terkontrol, tapi jika diabetes anda masih dalam koridor terkontrol, anda kemungkinan aman untuk bisa hamil. Dokter perlu melakukan beberapa tes kesehatan untuk memastikan bahwa anda bisa hamil walaupun mempunyai diabetes. Pemeriksaan akan dilakukan dengan mengambil sampel darah dan urin, pemeriksaan urin dilakukan untuk melihat apakah ada komplikasi pada ginjal.

Diabetes dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai masalah medis yang mungkin akan diterima oleh bayi Anda. Sebelum Anda hamil, pastikan kondisi gula darah anda normal dan stabil. Pada minggu-minggu awal kehamilan, beberapa wanita tidak tahu bahwa mereka sedang hamil, sedangkan diabetes mereka tidak terkontrol dengan baik, sehingga menimbulkan berbagai rsiko yang mungkin membahayakan bayi Anda. Diabetes memang berisiko yang cukup besar bagi Anda dan bayi Anda. Tapi, bukan berarti resiko-resiko tersebut tidak dapat diminimalisir. Anda hanya perlu melakukan check up atau kontrol lebih rutin kepada dokter penyakit dalam  dan dokter kandungan untuk memastikan Anda dan janin anda dalam keadaan baik-baik saja. Jika anda mempunyai diabetes, risiko yang mungkin didapat oleh bayi Anda adalah ukuran yang lebih besar dari ukuran normal.

Hal tersebut dikarenakan, bayi Anda mendapatkan pasokan gula/glukosa yang terlalu banyak melalui plasenta. Beberapa kasus kehamilan saat diabetes tidak memungkinkan sang ibu untuk melahirkan secara normal, karena bayinya berukuran terlalu besar. Dokter akan melihat dan mempertimbangkan apakah Anda akan melahirkan secara normal atau harus dilakukan operasi cesar. Hal ini diputuskan supaya tindakan yang diambil adalah tindakan yang baik untuk Anda dan juga bayi Anda.

Berikut tips sederhana yang dapat dilakukan oleh diabetes saat hamil:

  • Mengkonsumsi makanan berserat
  • Kontrol berat badan
  • Berolahraga
  • Batasi jumlah makanan, terutama yang banyak mengandung kalori
  • Konsumsi suplemen (tanyakan pada dokter)
  • Lakukan pemeriksaan rutin supaya diabetes dapat terkontrol
  • Minum air putih dengan cukup dalam sehari-hari

Pada dasarnya, kehamilan bisa terjadi pada ibu yang sedang diabetes, asal bisa mengontrol beberapa makanan yang memang  tidak dianjurkan dimakan oleh penderita diabet.

Bunda suka dengan artikel Kehamilan Pada Penderita Diabetes ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Usia Subur Wanita Yang Baik Untuk Program Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Kehamilan Pada Penderita Diabetes. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Kehamilan Pada Penderita Diabetes, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kehamilan-pada-penderita-diabetes/