Perkembangan janin akan terus membesar hingga trimester ke-3. Pada trimester pertama janin baru berukuran hingga 3 cm, dan pada trimester kedua berkembang hingga 16 cm. Trimester ketiga adalah masa dimana janin berumur 24 Minggu hingga 40 Minggu (masa melahirkan).

Perkembangan Bayi pada Trimester Ketiga Kehamilan

Pada trimester ketiga, semua organ janin telah tumbuh dengan kuat dan sempurna. Adapun berat janin mencapai 630 gram. Selain itu, ia juga menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi, seperti menendang atau menonjok. Bahkan, janin telah memiliki periode tidur dan bangun. Masa tidur janin jauh lebih lama daripada masa bangunnya.

Sementara itu, orgran paru-paru janin juga telah berkembang dengan sempurna. Kulit janin sangat tipis dan berwarna kemerah-merahan, tetapi tidak transparan lagi. Mata janin sudah terbuka, sehingga peka terhadap cahaya. Karena sel-sel pengendali pikiran sadar telah berkembang, maka janin menjadi lebih sensitif terhadap suara dan gerakan.

Pada minggu ke-35, panjang janin sekitar 32 cm dan beratnya mencapai 2,5 kilogram. Dengan demikian, ukuran tubuh janin semakin proporsional. Selain itu, lemak yang berada di bawah kulitnya juga semakin banyak. Lemak tersebut berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh. Usus janin pun mulai terisi oleh mekonium. Mekonium merupakan zat hijau yang terbentuk dari sel-sel yang telah mati dan akan dikeluarkan oleh bayi setelah ia lahir.

Pada minggu ke-40, posisi kepala janin berada di bawah dan ia pun telah siap untuk dilahirkan. Pada saat itu, berat bayi lahir berkisar antara 3 – 3,5 kg dan panjangnya mencapai 50 cm. Paru-parunya juga telah terbentuk sempurna. Sementara itu, jantungnya berdetak sekitar 110 – 150 kali per menit. Pertumbuhan plasenta sudah terhenti dan otak janin dikelilingi oleh serangkaian tulang  pipih secara sempurna.

Kulit janin tmapak pucat, mengelupas, dan terdapat lipatan-lipatan terutama pada telapak tangan. Jika janin tersebut berjenis kelamin laki-laki, testisnya sudah turun ke kantong kemaluan. Sedangkan pada janin perempuan, jaringan payudara dan puting susunya sudah terbentuk secara sempurna.

Demikianlah pembahasan tentang trimester kehamilan. Semoga apa yang dipaparkan bisa menjadi gambaran bagi Anda sekalian untuk lebih menjaga bayi dalam kandungan dan menyesuaikan makanan bergizi sebagai asupan. Jangan lupa untuk minum susu kehamilan agar ada tambahan nutrisi bagi bayi.


Bunda suka dengan artikel Perkembangan Bayi Pada Kehamilan Trimester Ketiga ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perkembangan Bayi Pada Trimester Kedua Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Perkembangan Bayi Pada Kehamilan Trimester Ketiga. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Perkembangan Bayi Pada Kehamilan Trimester Ketiga, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kehamilan-trimester-3/