Pertambahan berat badan pada saat hamil akan mempengaruhi berat janin saat lahir. Berat badan bayi baru  lahir sangat berpengaruh terhadap kehidupan berikutnya. Jika berat badan bayi lahir < 2,5 Kg, maka dinamakan berat badan lahir rendah atau disingkat dengan BBLR. Bayi yang mengalami BBLR, maka beriko terjadinya masalah-masalah pada awal kehidupannya di dunia. Namun berangsur-angsur akan mampu beradaptasi dengan lingkungan di alam dunia setelah sebelumnya di alam rahim. Sementara jika berat badan bayi lahir > 4 Kg, maka akan menyebabkan penyulit-penyulit pada proses persalinannya. Oleh sebab itu, diharapkan pada ibu hamil agar kiranya bisa mengontrol kenaikan berat badan selama masa kehamilan.

Menurut ahli kesehatan, kenaikan optimal berat badan ibu hamil adalah 11-16 Kg selama masa kehamilannya, ini untuk berat badan dan tinggi badan rata-rata saat sebelum hamil. Jika berat badan sebelum hamil terbilang rendah atau usia di bawah 20 tahun, maka kenaikan berat badan saat hamil perlu ditingkatkan. Dan jika anda mengandung janin kembar, maka kenaikan berat badan saat hamil akan lebih besar lagi. Jika berat badan sebelum hamil tergolong lebih, maka penambahan berat badan pada masa hamil tidak perlu terlalu banyak. Namun demikian, upayakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari diet, karena setiap kalori sangat berarti bagi janin anda.

Berikut adalah kenaikan berat badan yang dianjurkan pada masa kehamilan:

  • Jika berat badan sebelum hamil, normal, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 11,5 – 16 Kg
  • Jika berat badan sebelum hamil, rendah, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 12,5 – 18 Kg
  • Jika berusia dibawah 20 tahun, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 12,5 – 18 Kg
  • Jika berat badan sebelum hamil, lebih, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 7 – 11,5 Kg
  • Jika sebelum hamil tergolong obesitas, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 6,8 Kg
  • Jika hamil kembar, maka kenaikan berat badan saat hamil adalah 16 – 20,5 Kg

Untuk memantau apakah janin anda telah mendapatkan asupan gizi yang cukup, maka bidan akan selalu menimbang berat badan anda ketika memeriksakan kehamilan. Hal ini juga dilakukan untuk memantau ketepatan kenaikan berat badan anda selama masa kehamilan.

Hampir separuh dari penambahan berat badan anda adalah karena jika janin anda sehat, maka semakin hari juga semakin membesar dan tentu mempengaruhi berat badan yang semakin berat pula. Penyebab lain berat badan anda bertambah saat hamil adalah karena jaringan tubuh yang membesar, volume darah dan cairan tubuh yang bertambah, serta bertambahnya lemak yang disimpan tubuh.

Bunda suka dengan artikel Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Gangguan Atau Kelainan Pada Payudara Yang Bukan Kanker. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/kenaikan-berat-badan-ibu-hamil/