Masa nifas dimulai setelah plasenta lahir dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Jadi, masa nifas merupakan waktu pemulihan kondisi rahim dan organ-organ reproduksi lainnya setelah masa persalinan yang diikuti dengan pengeluaran darah melalui vagina.

Pada masa nifas ada beberapa tahapan yang akan dilalui, dengan pengeluaran darah yang berbeda untuk beberapa hari ke depannya hingga pengeluaran darah pun berhenti. Proses pemulihan rahim dan alat-alat reproduksi membutuhkan waktu yang berbeda bagi tiap orang. Involusi erat kaitannya dengan masa nifas. Involusi adalah proses mengecil kembali rahim ke ukuran semula ditandai dengan kontraksi rahim yang baik setelah plasenta lahir. Hal ini tentunya terjadi berangsur-angsur.

Periode pemulihan masa nifas, umumnya periode pemulihan setelah melahirkan atau pascapartum. Pasa masa Nifas ini biasanya terjadi perubahan pada sistem reproduksi, serviks leher rahim, vulva dan vagina dan perubahan prenium. Perubahan-perubahan sistem ini adalah normal dalam periode pemulihan pasca melahirkan atau pada masa nifas. Hal ini disebabkan karena pada proses melahirkan terjadi banyak tekanan antara bayi yang bergerak maju dan mundur sehingga menimbulkan longgarnya otot-otot disekitar organ reproduksi.

Selain pemulihan organ-organ reproduksi untuk kembali seperti saat sebelum hamil, masa nifas juga merupakan masa-masa yang baru bagi wanita yang baru memiliki anak. Karena untuk masa-masa kehadiran bayi dalam kehidupannya merupakan perubahan dan harus siap untuk merawat bayinya.

Pada masa ini, ibu akan beradaptasi dengan kehadiran bayinya, kemudian mempelajari dan mempraktekkan bagaimana cara merawat bayi, cara menyusui, cara memandikan, cara menggendong, mengenali tangisan bayi dan lain sebagainya. Dalam mengusuh bayi pun harus ada seninya untuk memberikan rasa nyaman bagi bayi.

Lamanya proses pemulihan organ reproduksi setelah melahirkan membutuhkan waktu yang berbeda-beda pada tiap wanita. Dan rata-rata lama waktu yang dibutuhkan adalah selama kurang lebih 40 hari atau selama 6 minggu setelah masa persalinan.

Dengan waktu tersebut, masa nifas sudah cukup pula bagi wanita untuk bisa merawat bayinya sendiri bersama suami yang juga harus berperan dalam menjaga dan merawat bayinya.

Bunda suka dengan artikel Lama Masa Nifas Yang Normal ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pentingnya Pemberian Kolostrum. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Lama Masa Nifas Yang Normal. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Lama Masa Nifas Yang Normal, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/lama-masa-nifas-yang-normal/