Persalinan merupakan proses yang membuat wanita bahagia bercampur cemas. Bahagia karena akan segera melahirkan buah hatinya ke dunia dan akan tinggal bersama. Rasa cemas timbul biasanya karena rasa nyeri yang amat sangat menyakitkan yang timbul menjelang persalinan, namun akan hilang dengan sendirinya ketika bayi telah lahir. Proses persalinan terkadang akan meningkalkan luka pada vagina yang perlu dijahit agar vagina bisa segera sembuh.

Terdapat 4 tingkatan untuk menilai luka pada vagina saat melahirkan, yaitu sebagai berikut:

  • Tingkat I

Pada tingkat I ini perlukaan vagina hanya terbatas pada mukosa vagina atau kulit perineum saja. Pada luka tingkat I ini, biasanya tidak perlu dlakukan penjahitan, karena memang luka yang kecil akan kembali dengan sendirinya tanpa dilakukan penjahitan. Juga karena hal ini tidak akan berbahaya, karena luka akan kembali menutup sehingga dapat terhindar dari kuman atau bakteri meskipun tidak dilakukan penjahitan.

  • Tingkat II

Pada tingkat II, perlukaan pada area vagina terjadi lebih dalam dan luas ke dalam vagina dan perineum dengan melukai otot-otot di sekitar vagina. Pada luka tingkat II ini, perlu dilakukan penjahitan yang sederhana oleh bidan. Hal ini tidak akan menimbulkan kekhawatiran, karena kondisi ini masih tergolong luka yang ringan.

  • Tingkat III

Pada tingkat III perlukaan yang lebih luas dan lebih dalam pada bagian dalam vagina. Pada umumnya perlukaan perineum terjadi pada tempat dimana muka janin menghadap robekan perineum dapat mengakibatkan pula robekan jaringan di sekitar rectum atau saluran anus, namun tidak sampai tembus pada kedua lubang antara lubang vagina dan lubang anus masih terdapat batasan. Pada luka tingkat III ini penjahitan dilakukan oleh bidan yang benar-benar sudah berpengalaman dalam menjahit luka vagina, karena dibutuhkan ketelitian agar semua pembuluh darah yag terbuka bisa kembali tertutup agar tidak mengalami pendarahan terus menerus.

  • Tingkat IV

Pada tingkat IV, maka luka terjadi mulai dari daerah sekitar vagina, otot-otot bagian dalam hingga tembus pada rectum atau saluran anus sehingga tidak ada lagi pembatas atau sekat antara lubang vagina dengan lubang anus. Untuk penjahitan pada luka tingkat IV ini biasanya dilakukan oleh dokter ahli kandungan. Karena kewenangan yang diberikan pada dokter ahli yang lebih berkompeten dalam menangani masalah-masalah yang mengarah kepada kegawatdaruratan dalam masalah kehamilan, persalinan dan masa nifas atau setelah melahirkan.

Bunda suka dengan artikel Luka Pada Vagina Saat Melahirkan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Robekan Pada Jalan Lahir. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Luka Pada Vagina Saat Melahirkan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Luka Pada Vagina Saat Melahirkan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/luka-pada-vagina-saat-melahirkan/