Sebelumnya sudah dibahas mengenai makanan-makanan yang dapat membantu memperlancar haid, setelah mengetahui apa saja yang baik untuk kelancaran menstruasi ada baiknya untuk mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa mempengaruhi siklus haid anda, karena bagaimanapun juga jika anda tetap mengonsumsi makanan yang berakibat siklus haid anda terganggu maka usaha anda untuk normal adalah sia-sia.

Faktor yang mempengaruhi siklus haid ada banyak sekali namun yang paling berperan adalah hormon, siklus menstruasi wanita sangat dipengaruhi oleh hormon yang di produksi oleh kalenjar-kalenjar dalam otak, ovarium dan rahim. Dan jika ada gangguan dalam salah satu proses alamiah ini maka siklus haid anda menjadi tidak teratur.

Makanan dan Minuman yang Mempengaruhi Siklus Haid

Selain itu makanan yang anda konsumsi juga akan sangat berpengaruh pada lancar tidaknya menstruasi anda. Beberapa makanan berikut dianjurkan untuk memperbaiki siklus haid anda.

  • Buah-buahan segar, bukan buah yang berada dalam kemasan instan karena cenderung tidak segar namun terlihat segar
  • Sayur, dalam memilih sayur-sayuran juga sebaiknya yang terhindar dari zat kimia seperti pestisida
  • Gandum, di beberapa daerah akan lebih sulit untuk ditemukan.

Penyebab lain adalah karena menopause, namun anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini jika anda masih berusia 50 tahun. Usia lanjut ini memang akan sangat berpengaruh dan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa hormon itu sangat menentukan sekali, jadi jika anda sedang menjalankan program KB, jangan heran jika alat kontrasepsi atapun obat yang digunakan dalam KB dapat berpengaruh juga pada siklus haid, hal ini tidak lain adalah karena sistem hormon buatan yang ada dalam alat kontrasepsi anda.

Selain makanan, usia, dan hormon, keadaaan psikologis juga bisa menjadi penyebab berubahnya siklus haid anda. Seperti karena terlalu gemuk atau badan yang terlalu kurus karena hal ini akan mengganggu metabolisme lemak yang juga secara tidak langsung mempengaruhi produksi hormon estrogen dalalm tubuh dan yang terakhir adalah karena stress yang anda rasakan. Ini juga akan sangat berpengaruh dan mengganggu produksi hormon estrogen dalam tubuh sehingga secara tidak langsung akan merubah siklus menstruasi anda juga.

Bunda suka dengan artikel Makanan Dan Minuman Yang Mempengaruhi Siklus Haid ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengapa Bayi Menangis?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Makanan Dan Minuman Yang Mempengaruhi Siklus Haid. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Makanan Dan Minuman Yang Mempengaruhi Siklus Haid, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/makanan-dan-minuman-yang-mempengaruhi-siklus-haid/