Selamat siang Bunda. Masih konsisten dengan hidup sehatnya, kan? Ketika Bunda menginginkan kehamilan, maka ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan, termasuk pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, tidak merokok atau mengkonsumsi minuman keras, juga memperhatikan pola makanan bergizi. Ternyata, makanan yang Bunda konsumsi sangat mempengaruhi tingkat kesuburan. Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan Bunda.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #1 : Susu, Yoghurt dan Keju

Ketika Bunda menginginkan atau merencanakan kehamilan, Bunda sebaiknya meningkatkan jumlah pasokan kalsium ke dalam tubuh. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kalsium adalah zat yang sangat penting bagi tubuh, utamanya untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, kalsium juga berperan dalam fase prakonsepsi, yakni untuk meningkatkan kesuburan dan membantu sistem reproduksi agar bekerja lebih efisien. Kalsium yang harus Bunda penuhi ketika hamil adalah sekitar 1000 miligram per hari atau setara dengan 8 gelas susu. Kalsium dapat Bunda peroleh dari makanan kaya lemak susu seperti yoghurt, es krim, susu dan keju.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #2 : Karbohidrat Kompleks

Jika Bunda ingin cepat memperoleh kehamilan, karbohidrat kompleks bisa jadi pilihan makanan harian Bunda. Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan dicerna lebih lambat di dalam tubuh, sehingga dapat mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Selain itu, karbohidrat kompleks juga mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #3 : Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran pasti sudah tak asing lagi bagi Bunda. Makanan ini termasuk dalam menu utama dalam daftar makanan harian. Buah dan sayuran sangat penting dikonsumsi bagi siapa pun. Baik anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, perempuan maupun laki-laki. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi. Juga kaya antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas. Ketika Bunda mengkonsumsi buah dan sayuran, pilihlah yang berwarna cerah karena di dalamnya mengandung lebih banyak nutrisi. Selain semua yang sudah disebutkan tadi, buah dan sayuran juga kaya akan zat besi. Zat besi inilah yang berperan mempertahankan keseimbangan siklus menstruasi Bunda.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan siklus menstruasi Bunda tidak teratur, dan ini berdampak pada sistem reproduksi. Jadi buat Bunda yang nggak suka makan buah dan sayuran, mulai sekarang cobalah perlahan-lahan mengkonsumsinya. Zat besi dan nutrisi lain di dalamnya sangat penting lho, Bun.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #4 : Daging

Lagi-lagi zat besi. Nutrisi yang sangat penting bagi kesuburan Bunda. Makanan lain yang mengandung nutrisi ini adalah daging. Jadi Bunda yang kepingin cepat dapat momongan, teraturlah mengkonsumsi daging. Jangan kurang dan jangan berlebih ya Bun.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #5 : Telur

Telur kaya akan protein dan kolin. Protein dan kolin ini sangat baik untuk sistem reproduksi Bunda. Kolin berfungsi menyerap asam folat sebelum dan saat Bunda hamil. Asam folat ini berperan penting pada tahap prakonsepsi dan mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida.

Makanan Peningkat Kesuburan Wanita #6 : Minyak Zaitun

Omega 3 dapat meningkatkan kualitas sel sperma dan sel telur. Karena itu asupan omega 3 menjadi sangat penting bagi Bunda yang tengah merencanakan kehamilan. Salah satu bahan yang mengandung omega 3 tinggi adalah minyak zaitun.

Itulah beberapa informasi tentang makanan yang penting dikonsumsi oleh Bunda yang menginginkan atau sedang merencanakan kehamilan. Semoga bermanfaat ^^.

Baca juga tentang Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan dan Madu Herbal Penyubur Kandungan


Bunda suka dengan artikel Makanan Peningkat Kesuburan Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Makanan Peningkat Kesuburan Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Makanan Peningkat Kesuburan Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/makanan-peningkat-kesuburan-wanita/