Ketika Anda dan suami memutuskan untuk mempunyai anak (hamil), maka tidak berlebihan jika Anda mengubah gaya hidup Anda. Salah satu perubahan yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan hal ini adalah dengan beralih ke pola makan yang sehat. Nah, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Berikut di antaranya.

Makanan Penyubur Kandungan

Makanan Penyubur Kandungan #1 : Karbohidrat Kompleks

Kebanyakan wanita ingin selalu tampil cantik dan menarik dengan berat badan yang ideal. Itulah sebabnya mereka menghindari karbohidrat, takut memiliki lingkar pinggang yang besar. Hal yang harus Anda cermati adalah tidak semua karbohidrat diciptakan sama, tidak semua karbohidrat baik untuk dihindari.

Bagi Anda yang ingin segera hamil,  Anda harus selektif  dalam memilih karbohidrat. Ada dua jenis karbohidrat yang berpengaruh dalam sistem reproduksi Anda, yakni karbohidrat kompleks dan karbohidrat olahan. Karbohidrat kompleks seperti biji-bijan, selain sehat, juga dapat meningkatkan kesuburan Anda. Sedangkan karbohidrat olahan seperti roti dan nasi dapat menunda atau mencegah pembuahan. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, sehingga hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi terganggu.

Makanan Penyubur Kandungan #2 : Susu, Keju, Yogurt, dan Es Krim

Kalsium yang sangat penting bagi tubuh dapat Anda peroleh dari makanan kaya lemak susu seperti keju, yogurt, es krim dan susu. Kalsium merupakan nutrisi penting khususnya bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan.  Jadi ketika Anda hamil, sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup kalsium. Kalsium ini berfungsi untuk mendukung perkembangan tulang bayi dan menjaga pasokan kalsium tubuh Anda. Selain itu, kalsium juga penting selama fase prakonsepsi untuk meningkatkan kesuburan.

Sebenarnya belum ada penjelasan yang pasti mengenai hubungan susu dengan meningkatnya kesuburan pada wanita. Tetapi seperti yang kita ketahui bahwa asupan kalsium sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Jika Anda ingin hamil, maka Anda harus memenuhi asupan kalsium sebanyak 1000 miligram per hari yang setara dengan 8 ons gelas susu.

Bagi Anda yang memiliki berat badan dalam kisaran normal, sebaiknya Anda mengkonsumsi susu tinggi lemak untuk satu porsi harian kalsium Anda. Karena dari sebuah penelitian diketahui bahwa susu tinggi lemak dapat meningkatkan kesuburan, sedang susu rendah lemak tidak memiliki efek positif yang sama dalam meningkatkan kesuburan.

Makanan Penyubur Kandungan #3 : Daging Ayam

Mengkonsumsi daging ayam sangat penting bagi Anda yang sedang berusaha untuk hamil. Karena daging ayam merupakan makanan yang tinggi protein dan zat besi. Protein dan zat besi ini sangat dibutuhkan selama kehamilan. Tapi Anda harus memilih daging ayam yang diolah secara sehat, misalnya dengan cara dipanggang dan hindari daging ayam tinggi lemak seperti ayam goreng. Finally, konsumsilah daging ayam dengan cara olah yang sehat, karena sebuah penelitian memaparkan bahwa wanita yang kekurangan  zat besi lebih berpotensi menderita kemandulan daripada wanita yang zat besinya tercukupi.

Makanan Penyubur Kandungan #4 :Buah dan Sayuran Berwarna Cerah

Mengkonsumsi buah dan sayur adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Buah dan sayuran adalah sumber gizi yang sangat penting yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya, mengganggu sistem kerja hormon reproduksi.

Ketika Anda mengkonsumsi buah dan sayuran, pilihlah yang berwarna cerah karena semakin cerah warnanya, maka semakin banyak kandungan nutrisinya. Salah satu contoh buah yang mengandung banyak nutrisi adalah berries. Buah ini berfungsi melindungi sel-sel Anda dari kerusakan, mencegah penuaan sel, dan mempengaruhi sel telur dalam saluran reproduksi. Oh ya, walaupun mengkonsumsi buah dan sayuran itu penting, hindarilah konsumsi buah dan sayur kalengan karena hanya memiliki kandungan gizi yang sangat sedikit serta mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

Makanan Penyubur Kandungan #5 : Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat penting untuk Anda konsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Fungsi-fungsi tersebut antara lain membantu mengatur tingkat insulin, meningkatkan ovulasi, mengandung asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial yang berpengaruh langsung terhadap tingkat hormon. Selain itu, makanan ini juga kaya akan antioksidan yang berfungsi mengurangi kemungkinan tubuh wanita menyerang sperma, menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan Penyubur Kandungan #6 : Minyak Zaitun  

Bagi pasangan yang ingin segera hamil, ada baiknya mengkonsumsi minyak zaitun, karena minyak zaitun tinggi akan omega-3 yang diyakini dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah studi yang menemukan bahwa omega-3 dapat meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

Makanan Penyubur Kandungan #7 : Telur

Ketika Anda memasuki masa-masa kehamilan, Anda membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan nutrisi seperti protein dan kolin. Anda membutuhkan kolin sebelum dan saat kehamilan untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap asam folat. Asam folat ini sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida.

Asupan gizi ini dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi telur. Satu telur per hari dapat meningkatkan kadar kolin yang cukup untuk meningkatkan penyerapan asam folat dua kali lipat.

Makanan Penyubur Kandungan #8 : Sayuran hijau

Bagi Anda yang mengalami menstruasi tidak teratur, konsumsilah sayuran hijau. Sayuran hijau tidak hanya kaya akan antioksidan tapi juga kaya akan zat besi. Zat besi inilah yang berperan penting dalam mempertahankan siklus menstruasi agar tetap seimbang.

***

Bunda suka dengan artikel Daftar Makanan Yang Menyuburkan Kandungan Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Sering Keguguran Berarti Kelewat Subur. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Daftar Makanan Yang Menyuburkan Kandungan Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Daftar Makanan Yang Menyuburkan Kandungan Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/makanan-penyubur-kandungan/