Terkadang saat ibu dalam masa nifas, sulit menentukan makanan apa yang baik untuk dikonsumsi pada saat masa nifas, mengingat masa nifas merupakan masa menyusui pula. Dimana ibu harus menghasilkan ASI yang cukup untuk kebutuhan nutrisi bayi dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Sebenarnya tidak sulit, untuk menentukan makanan apa yang harus dikonsumsi oleh ibu nifas. Karena cukup melanjutkan konsumsi makanan-makanan saat kehamilan dan meningkatkan porsi yang memang dibutuhkan lebih banyak saat ibu menyusui.

Saat wanita dalam masa nifas juga merupakan masa menyusui, maka kebutuhan gizinya akan meningkat 25 % , karena berguna untuk proses kesembuhan karena sehabis melahirkan dan untuk Nutrisi atau gizi adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk keperluan metabolismenya. Kebutuhan gizi pasa masa nifas terutama memproduksi air susu yang cukup untuk menyehatkan bayi. Semua itu akan meningkat tiga kali dari kebutuhan biasa. Makanan yang dikonsumsi berguna untuk melakukan altivitas, metabolisme, cadangan dalam tubuh , proses memproduksi ASI yang akan dikonsumsi bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Ibu nifas dianjurkan untuk mengkonsumsi dengan nilai gizi berimbang, cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Menu makanan seimbang yang harus dikonsumsi adalah porsi cukup dan pola yang teratur, tidak terlalu asin, pedas atau berlemak, tidak mengandung alcohol, nikotin serta bahan pengawet atau pewarna.

Berikut acuan pemenuhan gizi bagi ibu nifas:

  • Protein

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat masa nifas adalah protein. Sumber protein sangat mudah untuk didapatkan. Protein hewani terdapat pada daging, ikan, hati, unggas, telur, susu dan sebainya. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan, tahu, tempe, dan sebagainya. Pada ibu nifas, kebutuhan protein meningkat, yaitu  sekitar 3 porsi sehari. Setara dengan 3 gelas susu, 2 buti telur, 5 putih telur, 120 gr keju, 200-240 gr ikan/daging/unggas/tahu/tempe.

  • Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi, dan sangat dibutuhkan pula pada ibu masa nifas. Asupan kalsium dan vitamin D ini bisa diperoleh dari susu rendah kalori dan lemak atau berjemuk pada sinar matahari di pagi hari. Pada wanita menyusui, kebutuhan kalsium dan vitamin D akan meningkat menjadi 5 porsi, yang setara dengan 50-60 gr keju, 1 cangkir susu, 160 gr ikan salmon.

  • Buah-buahan dan sayuran

Sumber asupan nutrisi yang sangat baik adalah berasal dari sayuran dan buah-buahan segar.  Ibu nifas membutuhkan sayuran dan buah-buahan sebanyak 3 porsi dalam sehari. Satu porsi setara dengan 1/8 buah semangka, ¼ buah mangga, ¾ buah brokoli, ¼ hingga  ½ sayuran hijau yang telah dimasak (setengah mangkok sedang) atau 1 buah tomat.

  • Karbohidrat kompleks dan Lemak

Karbohidrat dan lemak sangat dibutuhkan pula pada masa nifas, guna untuk mendapatkan energy dalam tubuh. Meskipun asupan lemak perlu dikurangi, artinya dalam masa nifas pun asupan lemak tetap diminimalkan untuk menjaga keseimbangan badan.

  • Vitamin dan Cairan

Vitamin dan cairan sangat penting bagi tubuh, vitamin dan cairan mudah diperoleh dan sangat banyak terdapat pada berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

Bunda suka dengan artikel Makanan Untuk Ibu Nifas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Gerakan Janin. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Makanan Untuk Ibu Nifas. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Makanan Untuk Ibu Nifas, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/makanan-untuk-ibu-nifas/