Asi eksklusif adalah  seorang ibu yang hanya memberikan ASI pada bayinya tampa tambahan cairan lain seperti susu formula,  jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, papaya, bubur susu, biscuit, bubur nasi dan tim.

Pemberian Asi secara eksklusif ini dianjurkan untuk jangka waktu selama 6 bulan. Setelah bayi berumur 6 bulan, ia harus mulai diperkenalkan makanan padat, sedangkan ASI dapat diberikan sampai bayi berusia 2 tahun atau bahkan lebih dari 2 tahun. Ternyata pemberian ASI eksklusif memiliki manfaat penting bagi bayi, ibu dan semua orang.

Manfaat pemberian ASI Eksklusif adalah sebagai berikut :

  • Bagi bayi

Pemberian ASI membantu bayi memulai kehidupannya dengan baik. Kolostrum atau (air susu yang pertama kali keluar) mengandung anti bodi yang kuat untuk mencegah infeksi dan membuat bayi menjadi kuat. ASI mengandung campuran yang tepat dan berbagai bahan makanan yang baik untuk bayi, ASI mudah dicerna oleh bayi. ASI saja tanpa makanan tambahan lain merupakan cara terbaik untuk memberi makan bayi dalam enam bulan pertama kehidupannya. Selain itu ASI juga dapat meningkatkan kecerdasan otak bagi bayi, tidak memberatkan fungsi saluran pencernaan dan ginjal, mengandung laktoferin untuk mengikat zat besi, tidak mengandung laktoglobulin yang dapat menyebabkan alergi.

Manfaat Penting pemberian ASI Eksklusif

  • Bagi Ibu

Pemberian Asi eksklusif membantu ibu memulihkan diri dari proses persalinannya. Pemberian ASI selama beberapa hari pertama membuat rahim berkontraksi dengan cepat dan memperlambat perdarahan (hisapan pada putting susu merangsang dikeluarkannya oksitosin alami yang membantu kontraksi rahim) dalam pemulihan pasca melahirkan. Wanita yang menyusui bayinya akan lebih cepat pulih turun berat badannya dari berat badan yang bertambah semasa kehamilan. Ibu yang menyusui, yang haidnya belum muncul kembali akan kecil kemungkinannya untuk menjadi hamil. Pemberian  ASI cara penting bagi ibu unutk mencurahkan kasih sayangnya pada bayi dan membuat bayi merasa nyaman.

  • Bagi semua orang

ASI selalu bersih dan bebas dari bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Sehingga bisa menahan diri untuk tidak member dampak negative terhadap orang lain. Pemberian ASI eksklusif tidak menuntut persiapan khusus, sehingga tidak akan pernah merepotkan orang lain dalam hal member makan bayinya. ASI selalu tersedia, dan gratis. Bila ibu memberi ASI pada bayinya slalu pada waktu yang diminta (on demand) atau waktu yang tepat, tanpa memberikan makanan tambahan, maka kecil kemungkinannya ia akan menjadi hamil dalam enam bulan pertama sesudah melahirkan. Karena dengan menyusui secara ekslusif dan terus menerus, maka sudah menjadi KB alami.

Bunda suka dengan artikel Manfaat Penting ASI Eksklusif ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Janin Pada Usia 25 – 28 Minggu. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Manfaat Penting ASI Eksklusif. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Manfaat Penting ASI Eksklusif, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/manfaat-penting-asi-eksklusif/