Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid. Hal yan sangat diidam-idamkan oleh setiap pasangan, mungkin juga termasuk Anda dan suami setelah menikah adalah memiliki anak. Namun, perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kehamilan, salah satunya adalah faktor kesuburan, baik kesuburan Anda maupun suami. Kondisi ini sangat ditentukan oleh sistem seksual dan reproduksi yang sehat.

Dengan ungkapan lain, jika kesehatan seksual dan reproduksi Anda dan suami istri baik, maka kesuburan Anda berdua juga baik. Sebaliknya jika kesehatan sistem seksual dan reproduksi Anda dan suami terganggu, maka kesuburan Anda berdua juga terganggu.

Proses kehamilan diawali dengan bertemunya sel telur dengan sel spermatozoa saat Anda dan suami melakukan hubungan intim. Pada kondisi sehat dan normal, Anda dan suami hanya memerlukan paling lama 1 tahun untuk membuahkan kehamilan jika Anda berdua melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan kontrasepsi. Namun, jika lebih dari 1 tahun Anda belum hamil padahal Anda dan suami tidak menggunakan alat kontrasepsi dan melakukan hubungan seks secara teratur, maka Anda berdua termasuk pasangan yang tidak subur (infertil). Data dari sebuah sumber menunjukkan bahwa penyebab gangguan kesuburan 40% dialami oleh pihak suami (pria), 40% dialami oleh pihak istri (wanita), 10% kedua pihak dan 10% tidak diketahui.

Sementara itu, sel spermatozoa dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi, yaitu puncak reaksi seksual yang disebut orgasme. Sedangkan, sel telur hanya dihasilkan oleh wanita pada masa subur. Masa subur ialah masa hidup sel telur sejak dikeluarkan dari indung telur dan selama sel ini bertahan hidup di dalam rahim. Empat belas hari sebelum masa menstruasi, wanita mengeluarkan sel telur dari indung telur. Lalu, sel telur tersebut masuk ke dalam rahim melalui saluran telur. Sel itu mampu bertahan hidup selama 48 jam di dalam rahim.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Sementara itu, cara menentukan masa subur wanita menurut informasi yang dilansir fitri.net adalah sebagai berikut :

Pertama, menghitung masa subur wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari. Dalam perhitungan ini, masa subur wanita dengan siklus ini adalah pada hari ke-12 hingga hari ke-16. Saya ambil contoh Anda haid mulai pada tanggal 1 Juni 2012. Maka masa subur Anda adalah di tanggal 12 Juni 2012 hingga 16 Juni 2012. Perhitungan ini berlaku setiap bulannya.

Kedua, menghitung masa subur wanita dengan siklus haid yang tidak teratur 28 hari. Untuk mengetahui masa subur pada wanita dengan siklus ini, Anda dapat mulai mencatat jumlah hari dalam satu siklus yang diamati selama 6 bulan berturut-turut (6 kali haid). Bagaimana caranya? Kita artikan bahwa satu siklus haid adalah sejak pertama kali haid hingga datang haid yang berikutnya. Jumlah dari hari yang terpendek selama pengamatan dikurangi dengan 18. Nah, tanggal inilah yang nantinya akan menjadi hari pertama masa subur Anda. Juga jumlah hari yang terpanjang selama pengamatan dikurangi 11, akan menjadi hari terakhir dari masa subur.

Perhitungan sederhana yang kita peroleh dari bagian yang kedua ini adalah :

  • Hari pertama masa subur sama dengan jumlah hari terpendek selama pengamatan – 18.
  • Hari terakhir untuk masa subur Anda diperoleh dari jumlah hari terpanjang selama pengamatan – 11.

Contoh Kasus Menghitung Masa Subur Wanita

Ambil contoh begini ya … Setelah pengamatan selama 6 bulan berturut-turut Anda menemukan bahwa siklus yang terpendek untuk menstruasi Anda adalah 24 hari dan siklus yang terpanjang 33 hari. Maka cara yang tepat untuk menghitung masa subur Anda adalah :

25 – 18 = 7 dan 33 – 11 = 22.

So, masa subur Anda sebenarnya terjadi dari hari ke-7 setelah haid hingga hari ke-22. Begitu setiap bulannya.

UPDATE

Untuk memudahkan perhitungan masa subur setelah haid, silakan gunakan :

KALKULATOR MASA SUBUR. Silakan KLIK DI SINI

Dengan begitu, hubungan seksual yang dilakukan di luar masa subur itu tidak akan menyebabkan kehamilan. Maknanya juga, jika Anda ingin cepat punya momongan rutinlah melakukan hubungan intim pada masa antara hari ke-7 hingga hari ke-22 setelah haid Anda. Hahai … Jangan keseringan ya, cukup sekali dalam 3 hari. :mrgreen: Jangan lupa konsumsi makanan agar cepat hamil, kalau perlu minum susu juga.

Bunda suka dengan artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Perlukah Minum Susu Agar Cepat Hamil?. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/masa-subur-wanita-setelah-haid/