Untuk mendapatkan keturunan yang sehat, maka saat hamil pun wanita diupayakan agar selalu sehat dan tanpa kelainan atau tanda bahaya yang menyertai. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, maka wanita perlu merencanakan kehamilannya sebelum hamil, yaitu dengan melaksanakan program hamil. Karena saat melakukan program hamil, tentu saja melakukan pola hidup yang sehat. Menjaga kondisi tubuh agar terjaga dari sakit dan menghindari sesuatu yang sifatnya lebih merugikan tubuh.

Telah umum, bahwasanya asam folat (vitamin B9) merupakan  asupan yang sangat penting dalam kehamilan, dan sangat dikonsumsi saat sebelum hamil. Manfaat asam folat bagi kesehatan juga telah banyak diketahui oleh masyarakat umum. Karena memang kesadaran akan pentingnya kesehatan telah banyak diketahui serta dipahami oleh masyarakat kita.

Ada beberapa manfaat asam folat itu sendiri. Diantaranya yaitu untuk dalam kesehatan kehamilan fungsinya untuk mencegah kecacatan janin ketika dilahirkan. Kegunaan lainnya dari folid acid ini adalah membantu tubuh ketika proses metabolisme protein berlangsung, serta turut dalam membangun sel-sel darah merah yang sehat, dan juga membantu menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung).

Manfaat dan fungsi asam folat vitamin B9 cukup banyak. Manfaat dan fungsinya antara lain fungsi pada sel darah merah, fungsi pada DNA, manfaat untuk ibu hamil, gejala menstruasi, pertumbuhan jaringan tubuh, pencegahan bayi lahir cacat, fungsi otak, jantung, pertumbuhan rambut dan sebagainya. Dibandingkan dengan manfaat sebelumnya, asam folat memang lebih dikenal bermanfaat bagi ibu hamil.

Asam folat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Untuk wanita hamil dalam penelitian dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg sampai 600 mcg. Kadang pemenuhannya tidak stabil seperti ibu hamil cenderung mual untuk mengkonsumsi makanan alami yang mengandung vitamin B9 ini. Sehingga pemenuhannya bisa diupayakan dengan minum susu yang khusus untuk ibu hamil.

Keinginan memiliki bayi yang sehat, merupakan impian dan harapan semua Ibu yang sedang atau akan menjalani kehamilan. Segala persiapan pun telah dilakukan. Salah satu hal yang Ibu perlu ingat adalah pentingnya mengonsumsi asam folat (dikenal pula sebagai vitamin B9). Asam folat ini sudah dikenal dengan berbagai manfaat terhadap kesehatan dan kehamilan. Selain itu, asam folat juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf bayi atau yang dikenal dengan istilah medis neural tube defect (NTD).

Itulah sebabnya, mengapa asam folat sangat penting dan sangat dianjurkan oleh wanita yang telah merencanakan untuk hamil. Dengan demikian, maka pencegahan terhadap cacat janin bisa dilakukan, karena kehamilanpun juga bisa berdasarkan kebiasaan wanita sebelum hamil, jika tidak terjaga fisiknya artinya tidak siap dalam menyambut kehamilan, sehingga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi dalam kehamilan.

Bunda suka dengan artikel Mengapa Asam Folat Penting Dikonsumsi Saat Program Kehamilan? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengapa Asam Folat Penting Dikonsumsi Saat Program Kehamilan?. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengapa Asam Folat Penting Dikonsumsi Saat Program Kehamilan?, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengapa-asam-folat-penting-dikonsumsi-saat-program-kehamilan/