Siklus haid menjadi salah satu patokan kesuburan wanita. Siklus haid yang tidak normal bisa dipastikan wanita tersebut kemungkinan besar akan sulit hamil. Yang utama dikarenakan akan sangat sulit untuk menemukan waktu masa subur.  Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, maka menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal.

Baik siklus memanjang (lebih dari 35 hari) maupun siklus memendek (kurang dari 21 hari), sama-sama menunjukkan ketidakberesan pada sistem metabolisme dan hormonal. Dampaknya pun sama, yaitu jadi lebih sulit hamil. Pada siklus pendek, wanita tidak mengalami ovulasi sebagaimana mestinya, karena sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi. Pada siklus panjang, hal ini menandakan sel telur jarang sekali diproduksi atau ibu mengalami ketidaksuburan yang cukup panjang. Jika sel telur jarang diproduksi berarti pembuahan akan sangat jarang terjadi. Padahal, haid merupakan tanda kalau ibu sedang subur.

Beberapa penyebab siklus haid tidak normal adalah:

  • Gangguan system hormonal dalam tubuh

Salah satu yang aling utama berperan dalam pengaturan siklus haid adalah system hormonal dalam tubuh. Kinerja hormone akan mempengaruhi siklus haid menjadi teratur atau tida teratur. Siklus haid sangat berkaitan erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Namun jika sistem pengaturan ini terganggu, maka otomatis siklus haid pun akan ikut terganggu pula. Gangguan hormone ini bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Stress

Fikiran yang terbebani atau stress membuat otak tidak bisa member rangsangan/ respon yang baik pada system hormonal. Sehingga kinerjanya pun terganggu, yang membuat adanya gangguan hormone pada tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya sangat perlu untuk menghindari stress.

  1. Pola makan

Makanan sangat berpengaruh terhadap keseluruhan tubuh kita, makanan yang berlemak tinggi dan makanan-makanan yang berbahan pengawet, dan yang mengandung MSG tinggi dan makanan-makanan kemasan lainnya juga akan berdampak buruk bagi system yang bekerja dalam tubuh kita. Oleh sebab itu untuk menjaga kesehatan seluruhnya, khususnya untuk memperbaiki atau membuat kinerja tubuh kita menjadi optimal, agar mengkonsumsi makanan segar yang bergizi seimbang.

  1. Aktivitas

Aktivitas yang berlebihan, juga akan mengganggu system yang bekerja di dalam tubuh kita secara seluruhnya. Dan yang sangat berperan dalam siklus haid, yaitu system hormonal dalam tubuh pun akan terganggu, sehingga kinerja hormone menjadi tidak optimal.

  • Gangguan systemik

Gangguan systemic biasanya terjadi pada wanita dengan berat badan yang tidak idea, ntah itu terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Pada kondisi tersebut, maka metabolism dalam tubuh pun akan terganggu, sehingga bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak normal.

  • Gangguan pada kelenjar gondok

Pada gangguan kelenjar gondok (tiroid), baik karena kelenjar gondok yang terlalu tinggi  (hipertiroid) maupun kelenjar gondok yang rendah (hipotiroid) bisa mempengaruhi gangguan hormonal. Sehingga akan berdampak pula terhadap siklus haid.

Bunda suka dengan artikel Mengapa Siklus Haid Menjadi Tidak Normal? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Minuman Yang Harus Dihindari Selama Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengapa Siklus Haid Menjadi Tidak Normal?. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengapa Siklus Haid Menjadi Tidak Normal?, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengapa-siklus-haid-menjadi-tidak-normal/