Pada awal kelahirannya bayi masih perlu menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan yang baru setelah sebelumnya selalu hangat berada di dalam rahim selama kurang lebih 9 bulan lamanya. Sehingga agar organ tubuh bayi dapat berfungsi dengan baik, maka tubuh bayi harus mampu beradaptasi terhadap lingkungan barunya. Meskipun dengan organ yang siap untuk berfungsi menjalankan tugas dalam tubuh bayi, tetapi tidak akan sekaligus bisa langsung berfungsi sebagaimana mestinya. Organ tubuh bayi memerlukan waktu dan proses untuk sedikit demi sedikit akan mampu melakukannya dengan baik.

Meskipun pengetahuan sudah sangat berkembang, pemberian pisang pada bayi berusia dibawah 6 bulan masih seringkali kita jumpai. Meskipun ibu-ibu muda tahu bahwa hal itu tidak baik dan berbahaya bagi bayi, namun dominasi ibu dan orang tua masih sangat kuat. Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini menyimpulkan, sebaiknya makanan pendamping ASI diberikan paling cepat pada usia 6 bulan. Hal ini sesuai dengan anjuran WHO untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

Alasan pemberian MP ASI mulai 6 bulan adalah:

  • Kematangan saluran cerna bayi umumnya terjadi pada usia 4-6 bulan. Oleh sebab itu, jika bayi dipaksa harus mengkonsumsi makanan sebelum ia mampu mencerna makanan yang diberikan, maka akan menimbulkan kerusakan pada organ cerna bayi. Organ cerna bayi yang berusia dibawah 6 tahun, masih sangat halus, sehingga mudah terjadi cidera jika dipaksakan untuk berfungsi sebelum waktunya.
  • Hilangnya refleks menjulurkan lidah pada usia 4-6 bulan. Ini penting karena bayi akan dapat mengunyah/ menelan makanan dengan baik ketika kebiasaan menjulurkan lidah sudah mulai berkurang. Jika diberikan makanan, saat bayi masih terbiasa menjulurkan lidah, maka makanan tersebut biasanya tidak akan bisa dimakan atau tidak masuk ke dalam mulut sepenuhnya.
  • Kematangan mekanisme menelan. Hal ini perlu diperhatikan, ketika bayi belum mampu menelan secara sempurna jika diberikan makanan yang tidak sesuai dengan kemampuannya menelan, maka bisa sangat berbahaya jika makanan tidak sampai pada lambung, namun justru turun pada organ pernafasan, karena memang saluran bagi organ pencernaan dan pernafasan berada pada tempat yang berdampingan.
  • Kemampuan bayi untuk duduk. Untuk memberikan makanan pendamping ASI tentu posisi yang terbaik untuk menelan makanan adalah posisi duduk. Nah bayi baru akan mampu untuk duduk/ bersandar pada usia 6 bulan.

Bunda suka dengan artikel Mengapa Tidak Dianjurkan Memberi Makanan Tambahan Pada Bayi Kurang Dari 6 Bulan? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tanda-Tanda Ketika Kesehatan Bayi Anda Terganggu. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengapa Tidak Dianjurkan Memberi Makanan Tambahan Pada Bayi Kurang Dari 6 Bulan?. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengapa Tidak Dianjurkan Memberi Makanan Tambahan Pada Bayi Kurang Dari 6 Bulan?, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengapa-tidak-dianjurkan-memberi-makanan-tambahan-pada-bayi-kurang-dari-6-bulan/