Setelah persalinan berlangsung, maka ibu yang baru saja melahirkan tentu saja tidak langsung bebas dari rasa nyeri. Mengatasi rasa nyeri tersebut harus segera ditangani dan dilakukan perawatan yang benar agar tidak mengganggu aktivitas ibu. Ntah nyeri setelah persalinan itu timbul pada area jalan lahir, maupun nyeri pada perut. Hal ini memang tak bisa dihindari, pada saat melahirkan kemungkinan besar, akan meninggalkan luka pada jalan lahir meskipun setiap kelahiran akan terjadi luka yang bervariasi dari waktu ke waktu. Bisa saja, luka yang kecil, tak perlu dilakukan penjahitan, maupun luka yang lebih luas, sehingga perlu dilakukan penjahitan.

Besar maupun kecil, atau dijahit maupun tidak dijahit, rasa nyeri setelah melahirkan tidak akan serta merta langsung hilang, meskipun tentu saja yang dilakukan penjahitan akan lebih terasa nyeri dan lebih lama dibandingkan yang tidak dijahit pada area jalan lahirnya. Penyebab nyeri pada perut terjadi akibat dari kontraksi rahim untuk proses pengecilan kembali rahim setelah selama kurang lebih 9 bulan meregang hingga memikul beban beribu kali lipat dari berat sebelumnya.

Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut bisa anda lakukan hal berikut ini:

  • Nyeri pada perut mungkin saja tidak terlalu dirasakan, hanya bersifat ringan dan akan hilang seiring dengan mengecilnya rahim. Sifatnya alami, sehingga tidak perlu diberikan pengobatan. Sebaiknya anda mengusap-usap perut anda untuk merangsang kontraksi yang baik pada rahim. Jika rahim tidak berkontraksi dengan baik, maka bisa menyebabkan pendarahan.
  • Untuk rasa nyeri pada jalan lahir, anda bisa mengompresnya dengan air dingin atau es yang dibugkus pada kain bersih kemudian tempelkan pada area sekitar yang terasa nyeri. Hal ini mudah dilakukan dan efektif untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Untuk mengatasinya, tentu rasa nyeri akan segera hilang sekita luka menjadi kering. Untuk membantu proses pengeringan luka, sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang bergizi, hindari makanan yang kemungkinan akan menyebabkan alergi, seperti telur, atau ikan tertentu. Perbanyak konsumsi air putih, sayur-sayuran segar, dan juga buah-buahan.
  • Gunakan obat antibiotic, dan analgesic atau pereda nyeri untuk menekan rasa nyeri dan sebagai pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi. Namun demikian, jangan gunakan obat-obat tanpa rekomendasi dokter anda. Sebaiknya tetap konsultasikan dalam pemakaian obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui.

Bunda suka dengan artikel Mengatasi Nyeri Setelah Melahirkan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengatasi Nyeri Setelah Melahirkan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengatasi Nyeri Setelah Melahirkan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengatasi-nyeri-setelah-melahirkan/