Pada kehamilan, posisi janin seringkali berubah-ubah. Jika usia kehamilan masih berada pada trimester dua, maka posisi janin masih belum menetap. Karena kondisi rongga perut saat itu masih luas, sehingga janin masih bisa berputar  dengan bebas mencari posisi yang paling nyaman. Namun pada akhir kehamilan, janin tidak lagi bisa bebas mencari posisi sesuai keinginannya. Hal ini disebabkan rongga perut saat janin semakin besar, maka semakin sempit pula dan membuat ruangan menjadi terbatas bagi janin. Apalagi jika janin sudah mulai turun untuk memasuki panggul. Ada baiknya anda mengenal beberapa posisi janin sebelum ia lahir.

Ada tiga posisi janin yang bisa terjadi pada akhir kehamilan anda, yaitu:

  • Posisi janin memanjang

Pada posisi memanjang, maka sumbu tubuh janin sesuai dengan suhu tubuh anda. Namun pada posisi ini, masih dibedakan menjadi 2 posisi lagi.

Yang pertama adalah posisi kepala janin di bagian bawah rongga rahim, biasa disebut letak kepala. Dan posisi inilah yang diharapkan terjadi pada semua ibu hamil. Karena dengan posisi ini, maka persalinan bisa lancar. Dan memang posisi inilah yang paling ideal pada saat melahirkan. Jika kepala janin sudah mampu keluar, maka bagian tubuh lainnya dengan mudah bisa dilahirkan.

Posisi yang kedua adalah posisi kepala berada di bagian atas rongga rahim, sehingga bagian bokong janinlah yang berada pada bagian bawah rongga rahim. Posisi ini biasa disebut letak sungsang. Namun pada posisi inipun juga bervariasi, ada yang tepat bokong janin yang berada pada pintu jalan lahir. Adapula posisi kaki janin yang berada pada pintu jalan lahir, sehingga kaki janinlah yang akan lahir duluan. Tetapi pada kasus ini, harus ditanganni oleh ahli yang telah berkompeten dalam menolong persalinan tersebut.

  • Posisi janin melintang

Pada posisi ini, sumbu tubuh janin melintang dari sumbu tubuh ibu, sehingga bagian kepala dan bokong janin berada pada salah satu bagian kanan dan kiri perut ibu. Dan dalam kasus ini, ibu tidak mungkin akan melahirkan secara normal, karena janin tidak akan bisa melewati jalan lahir dengan posisi melintang. Jadi kemungkinan besar dilakukan tindakan operasi sesar.

  • Posisi janin miring/ serong

Pada posisi ini, letak janin tidak memanjang dan tidak pula melintang. Namun berada diantara kedua posisi tersebut. Pada kasus ini pun kemungkinan tindakan operasi sesar lebih tepat untuk melahirkan janin.

Bunda suka dengan artikel Mengenal Beberapa Posisi Janin Pada Akhir Kehamilan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Kenapa Haid Tidak Teratur Setelah KB Suntik 3 Bulan?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengenal Beberapa Posisi Janin Pada Akhir Kehamilan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengenal Beberapa Posisi Janin Pada Akhir Kehamilan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengenal-beberapa-posisi-janin-pada-akhir-kehamilan/