Polycystic Ovary Syndrom atau PCOS adalah  gangguan keseimbangan hormonal pada wanita yang merupakan salah satu gangguan endokrin atau gangguan hormonal, kondisi ketidakseimbangan hormonal ini akan menyebabkan sel telur tetap kecil, sehingga tidak ada perkembangan pada sel telur untuk bisa menjadi sel telur yang besar dan matang untuk siap dibuahi oleh sel serma.

Adapun penyebab dari PCOS ini belum diketahui secara pasti, namun hal ini terjadi karena adanya kelebihan hormone androgen yang merupakan hormone laki-laki yang terdapat pada indung telur  wanita yang mengalami PCOS tersebut. Tetapi ada beberapa factor-faktor yang bisa mempengaruhi kejadian PCOS, yaitu: kelebihan insulin pada tubuh wanita sehingga  memicu produksi androgen di dalam indung telur, selain itu dperkirakan karena adanya peradangan ringan, sehingga memicu penyerapan insulin dan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Adapun gejala-gejala yang biasa muncul pada wanita yang mengalami PCOS adalah sebagai berikut:

  • Jarang terjadi menstruasi atau bahkan tidak pernah mengalami menstruasi selama beberapa siklus. Dan yang paling sering terjadi pada siklus haid ini adalah, wanita yang mengalami PCOS akan mendapatkan menstruasi hanya satu kali dalam 2 atau 3 bulan, bahkan ada yang lebih.
  • Jumlah perdarahan menstruasi terkadang sedikit, terkadang juga terlalu berlebih.
  • Rambut kepala menjadi rontok
  • Bulu-bulu yang tumbuh pada badan Nampak berlebihan pada wanita, hal ini disebabkan karena kadar androgen yang tinggi.
  • Kadar hormone yang tinggi ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gangguan emosi, sehingga bisa menyebabkan depresi.

Namun bagi wanita yang mengalami PCOS, tidak perlu terlalu khawatir, karena kondisi ini bukan suatu kondisi yang membahayakan, hanya saja bisa menjadi penyulit dalam memperoleh keturunan. Tetapi bukan berarti tidak bisa memperoleh keturunan, tetap masih ada peluang untuk bisa memperoleh keturunan, yaitu dengan berusaha menerapkan pola hidup sehat untuk membantu kestabilan hormone agar system hormone bisa bekerja lebih optimal. Dengan menjaga berat badan yang ideal atau tidak terlalu gemuk maupun kurus dengan rajin berolahraga.

Jika wanita merasa lebih sulit untuk memperoleh keturunan, jika terdapat tanda-tanda tersebut, dan untuk mengetahui kondisi wanita apakah mengalami PCOS atau tidak, yaitu dengan cara melakukan USG transvaginal kepada dokter. Dengan demikian maka, semakin besar usaha untuk membantu siklus menstruasi menjadi lebih teratur, sehingga semakin besar pula peluang untuk hamil dan memperoleh keturunan.

Bunda suka dengan artikel Mengenal PCOS ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengenal TORCH. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengenal PCOS. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengenal PCOS, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengenal-pcos/