TORCH dikenal sesuai dengan nama virus yang menyebabkannya, yaitu Toxoplasma gondii Rubella Cyto Megalo Virus. Menurut penelitian, virus TORCH  dapat menyebabkan menurunnya tingkat kesuburan pada wanita. TORCH adalah kependekan dari (Toxo, Rubella, CMV, dan Herves). Sel telur dan inti sel telur dapat dirusak oleh virus ini, sehingga akan mengganggu, sehingga sel telur menjadi lebih mengecil dan tidak dapat dibuahi. Dengan rusaknya fungsi system reproduksi tersebut, maka pasangan yang terserang virus TORCH, maka kemungkinan untuk bisa mendapatkan keturunan akan semakin kecil. Namun tetap ada peluang kehamilan, yaitu dengan melakukan terapi khusus secara medis untuk menyembuhkan penyakit TORCH sebelum merencanakan program kehamilan.

Penyebab utama virus dan parasit TORCH adalah hewan yang berada di selitar kita, seperti kucing, babi, anjing, sapi, tikus dan sebagainya. Meskipun secara tidak lanagsung sebagai penyebab terjangkitnya penyakit yang berasal dari virus ini adalah hewan, namun juga bisa disebabkan oleh karena perantara seperti mengkonsumsi makanan atau sayuran dan daging mentah, setengah matang atau karena dicuci kurang bersih.

Gejala umum penderita TORCH awalnya tampak sehat, tetapi jika sedang hamil akan mulai muncul sejumlah gejala. Gejala yang sering terjadi adalah flek pada wanita yang sedang hamil. Flek ini bisa terjadi terus menerus sepanjang kehamilan. Sehingga janin di dalam rahim tidak berkembang, hamil anggur, atau janin akan meninggal pada usia kehamilan 7-8 bulan, dan yang sering terjadi adalah keguguran.

TORCH Rubella sering disebut dengan sebutan campak jerman. Pada kasus rubella sendiri ibu hamil tidakk mengalami keguguran atau bayinya mengalami kematian saat lahir, tetapi bayi yang dilahirkan beresiko mengalami kebutaan, kerusakan pada otak atau pada otak, bibir sumbing, tuna rungu, dan kesulitan dalam berbicara.

TORCH CMV, Bagi pengidap virus CMV pada ibu hamil akan mengalami keguguran terus menerus, atau bayi yang dikandungnya akan lahir dalam keadaan cacat fisik, seperti hidrosefalus (pembesaran kepala), mikrosefalus (pengecilan kepala), lahir dengan usus keluar dari tubuh, tubuh Nampak transparan, atau dengan kondisi tangan atau kaki yang bengkok.

TORCH Herpes ditandai dengan gejala awal yang berbeda, diawali dengan kemunculan berupa bintik-bintik pada tubuh dan alat genital. Selain terasa sakit juga terasa panas. Bagi wanita yang hamil sering terjadi keguguran atau bayi lahir dengan cacat.

Cara penularan TORCH secara aktif bisa diperoleh melalui beberapa cara di bawah ini:

  • Makan daging setengah matang
  • Makan makanan yang tercemar oosita yang berasal dari kotoran kucing yang terkena TORCH bisa menularkan virus TORCH
  • Mendapatkan transfuse darah dari penderita TORCH
  • Berhubungan seksual
  • ASI bisa menularkan TORCH pada bayinya
  • Penularan melalui keringat
  • Konsumsi sayuran atau buah yang tidak dicuci bersih
  • Penularan melalui air liur

Salah satu penyebab yang mungkin menjadi gangguan dalam mendapatkan kehamilan adalah penyakit TORCH. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh ibu hamil dan wanita yang merencanakan kehamilan. Ketika pasangan suami istri pergi ke dokter kandungan untuk merencanakan kehamilan, dokter biasanya akan mengidentifikasi virus TORCH. Hal penting dilakukan sebelum kehamilan, agar nantinya kehamilan dapat dilalui dengan lancer dan janin dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Bunda suka dengan artikel Mengenal TORCH ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Ciri-Ciri Sperma Yang Baik. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Mengenal TORCH. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Mengenal TORCH, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/mengenal-torch/