Menghitung Masa Tersubur Wanita. Siklus haid wanita berada antara 24-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Ovulasi merupakan keadaan ketika sel telur dilepaskan dari ovarium ke tuba falopii, yaitu ketika wanita sedang berada di pertengahan masa haid, kira-kira 14 hari sebelum dimulainya siklus haid berikutnya.

Hari-hari sekitar ovulasi (antara 10-16 hari sebelum dimulainya masa menstruasi berikut) adalah kondisi tersubur wanita. Jadi, jika seorang wanita merencanakan kehadiran si kecil, inilah masa terbaik dalam sebulan untuk melakukan aktivitas seksual tanpa kontrasepsi.

Menghitung Masa Tersubur Wanita

Di pertengahan siklus haid itu, hormon kewanitaan yang dinamakan oestrogen memproduksi hormon lain yang dinamakan Luteinising Hormone (LH). Peningkatan LH ini menyebabkan folikel (kantong kecil berisi cairan di dalam ovarium) melepaskan sel telur. Dalam waktu 24 jam setelah dilepaskan, sel telur tersebut siap dibuahi oleh sperma suami.

Setelah ejakulasi di dalam vagina, sperma bisa hidup selama 48 jam hingga seminggu di dalam vagina atau rahim. Artinya, wanita bisa hamil jika melakukan hubungan seksual tanpa proteksi sekitar 2 hari atau 2 hari setelah ovulasi, yakni antara hari ke-10 dan ke16 di antara siklus haid. Ketika berovulasi, beberapa wanita merasakan tanda-tanda seperti payudara yang mengencang, nyeri pada perut, sedikit flek pada vagina, atau kenaikan temperatur tubuh. Penambahan cairan yang keluar dari vagina juga biasa terjadi.

Wanita yang menghendaki kehamilan sesuai dengan yang direncanakan, membutuhkan kemampuan untuk mengetahui bagian kondisi kesuburannya, trrutama pada saat-saat akan melakukan persetubuhan dengan suami. Pada wanita dengan siklus haid normal, mungkin memperkirakan kondisi kesuburannya tidak terlalu sulit. Namun, bagi wanita dengan siklus haid tidak teratur, harus memperkirakan masa suburnya dengan cara tertentu.

Hal-hal yang terkait dengan masa tersubur dari wanita ini dapat disederhanakan sebagai berikut:

  1. Waktu wanita yang paling subur adalah saat ovulasi, biasanya terjadi dalam waktu 11 sampai 21 hari dari awal siklus menstruasi.
  2. Dihitung dari hari pertama periode terakhir seorang wanita, hari 1 adalah hari pertama seorang. wanita mulai berdarah dan hari ke-11 adalah kemungkinan besar awal hari seorang wanita akan berovulasi. Hari ke-21 kemungkinan besar merupakan hari terakhir evolusi. Periode seorang wanita antara 28 sampai 32 hari siklus.

Bagaimana, mudah bukan?! Baca juga tentang Cara Mengenali Masa Subur Wanita dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Anda juga dapat menggunakan Kalkulator Masa Subur Online untuk menemukan masa tersubur Anda dengan sangat mudah.

Bunda suka dengan artikel Menghitung Masa Tersubur Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Usia Produktif Wanita Untuk Hamil. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Menghitung Masa Tersubur Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Menghitung Masa Tersubur Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/menghitung-masa-tersubur-wanita/