Menstruasi atau haid memang terkesan sangat menyiksa bagi setiap wanita. Ya, wanita yang sedang haid setiap bulannya, pasti akan merasa sakit perut, sakit kepala (pusing), dan juga bisa membuat mood menjadi buruk, misalnya dengan selalu marah-marah dan lebih sensitive. Akan tetapi, ternyata tamu bulanan ini yang kadang datang tidak tepat waktu atau tidak teratur, dapat berdampak buruk bagi tubuh, yaitu adanya kemungkinan gangguan kesuburan pada sistem reproduksi seorang wanita.

Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah

Lalu, sebenarnya apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau terlambat?

  • Jika kita sedang hamil, maka tubuh secara otomatis bakal segera memulai untuk melakukan produksi berbagai tingkat hormon. Hal ini jugalah yangakan menyebabkan berbagai gejala kehamilan, termasuk dengan mengakhiri periode bulanan anda.
  • Diet yang dilakukan dengan cara-cara yang buruk atau menggunakan program diet yang juga bisa mempengaruhi hormon Anda. Wanita dengan bulimia ataupun anoreksia tak bisa memiliki periode menstruasi yang teratur.
  • Stres juga disebut-sebut sebagai penyebab umum dari masa menstruasi yang tak teratur tiap bulannya. Apabila anda merasa cemas, khawatir, ataupun lelah bisa menyebabkan hormone di dalam tubuh menjadi tak seimbang. Misalnya saja dengan beraktivitas olahraga yang tak kenal waktu dan berlebihan, yang tentu saja menyebabkan tubuh menjadi lemas karena kelelahan.
  • Jika kita menyuntik KB ataupun mengonsumsi pil KB juga bisa menyebabkan menstruasi menjadi tak teratur. Tubuh kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa menyesuaikan diri ke keadaan semula ataupun normal.
  • Pola makan buruk atau yang biasa disebut eating disorders juga dapat menyebabkan kekurangan gizi yang cukup untuk tubuh guna berovulasi dengan baik.
  • Menopause yang akan segera dialami wanita juga bisa menyebabkan perubahan kadar hormon di dalam tubuh anda, yang sering ditandai juga dengan menstruasi yang tak teratur.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah sebuah komplikasi yang sangat umum, yang kemungkinan besar bisa mempengaruhi sekitar 10% dari semua wanita. PCOS inilah yang bisa membentuk kista pada indung telur. Gejala-gejala yang akan ditimbulkan dalam sindrom ini meliputi pertumbuhan rambut yang berlebihan, jerawat, berat badan naik turun, tekanan darah tinggi, ketombe, dan infertilitas ataupun kesuburan. Apabila anda menampilkan salah satu gejala tersebut, anda perlu segera membuat janji dengan dokter untuk bisa diperiksa PCOS. Jika tidak segera diobati, maka dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih serius lainnya, termasuk diantaranya adalah kanker ovarium, endometriosis, dan penyakit jantung.
  • Penyakit radang usus yang bisa menyebabkan peradangan pada usus yang lebih rendah, atau yang juga dikenal sebagai usus besar. Hal ini ditandai dengan gejala-gejala sakit perut, menstruasi yang tak teratur, penurunan berat badan, dan juga diare. Penyakit radang usus ini bisa menjadi lebih parah dan kronis, dan kadang-kadang membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit atau melakukan pembedahan. Apabila sekarang ini anda memiliki gejala-gejala tersebut, segeralah berkonsultasi kepada dokter terpercaya untuk bisa memeriksa anda untuk penyakit radang usus.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa menormalkan kembali siklus menstruasi?

  1. Dengan mengurangi stress yang sedang anda alami. Anda bisa menguranginya dengan meluagkan waktu untuk bersenang-senang bersama para sahabat, ataupun bermeditasi sejenak. Hal inilah yang bisa membantu untuk menempatkan siklus haid anda kembali ke jalur semula
  2. Jika anda sedang menerapkan pola makan yang tidak baik, segeralah memperbaikinya. Jika anda anoreksia, penderita bulimia, ataupun menderita eating disorder, maka anda harus segera mencari bantuan yang tepat.Sebenarnya, tak hanya gangguan makan yang dapat mempengaruhi menstruasi anda, tetapi mereka juga bisa sangat mempengaruhi organ-organ lainnya di dalam tubuh seperti pada usus, hati, tenggorokan, dan juga fungsi jantung.
  3. Jangan berolahraga terlalu berat. Walaupun olahraga secara teratur itu sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi berolahraga terlalu banyak dan berlebihan juga bisa menimbulkan masalah besar bagi anda. Apabila anda adalah seorang atlet, maka cobalah untuk bisa mengurangi jadwal latihan anda sedikit, sampai menstruasi anda kembali teratur setiap bulannya.
  4. Jangan lupa mengonsumsi suplemen dan vitamin. Apabila anda merupakan seorang pekerja yang sibuk setiap harinya sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk mengatur menu makanan yang baik, maka anda bisa mengonsumsi suplemen alami yang praktis seperti Madu Penyubur Kandungan. Suplemen itulah yang dipercaya dapat membantu para wanita untuk menormalkan siklus menstruasi, dan juga dapat meningkatkan kesuburan.

Baca juga tentang Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan

Bunda suka dengan artikel Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Faktor Yang Mempengaruhi Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur Setelah Menikah, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/menstruasi-tidak-teratur-setelah-menikah/