Setelah melakukan pemeriksaan infertifilitas, akan dapat diketahui Anda mandul atau tidak. Terdapat beberapa alternatif pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk berhasil dalam program Cara cepat hamil. Berikut ini akan dipaparkan beberapa jenis pengobatan infertifilitas yang Insya Allah dapat membantu.

Obat Mandul

Sekitar 50% pasangan infertil dapat berhasil hamil. Hal ini memberikan pengharapan yang besar baik bagi dokter maupun pasiennya. Rangkaian pemerik­saan medis seringkali merupakan rangsangan peng obatan, misalnya pemeriksaan vaginal dan sondase uterus dapat menaikkan laju kehamilan sebesar 10­15%. Uji patensi tuba bersama dengan dilatasi dan kuretase ternyata dapat menggandakan laju pem­buahan.

Setiap kelainan yang ditemui selama pemeriksaan selalu perlu diobati. Beberapa kelainan mungkin memerlukan obat, suplemen, ataupun tindakan medis (operasi), bergantung pada jenis penyebab infertilitas yang dialami suami, istri, atau pasangan suami istri tersebut.

Pengobatan rekayasa reproduksi

Apabila setelah pemeriksaan dan pengobatan infertilitas masih belum berhasil juga. Pasangan infertil bisa melakukan rekayasa reproduksi yang merupakan pemecahan terakhir dari penanganan pasangan infertil. Rekayasa reproduksi ini bisa dilakukan dengan inseminasi buatan, yaitu penaburan spermatozoa suami ke dalam saluran reproduksi istri atau dengan cara Fertilisasi in vitro (FIV) atau bayi tabung, yaitu pembuahan di luar tubuh dengan penanduralihan embrio ke selaput permukaan dalam rongga rahim dengan bantuan kanula kecil melalui saluran leher rahim.

Bayi Tabung

Menurut Prof. Dr. dr. Sudraji Sumapraja, SpOG (K), pelopor program bayi tabung di Indonesia, pasutri yang mengalami gangguan kesuburan pada tingkat dunia mencapai 10-I5 persen. Dari jumlah itu, 90 persen diketahui penyebabnya. Dari jumlah tersebut, 40 persen di antaranya berasal dari faktor perempuan, 30 persen dari faktor pria, dan 30 persen sisanya berasal baik dari faktor pria maupun perempuan.

Program bayi tabung pada prinsipnya memper­temukan sperma dan ovum secara in vitro (di luar tubuh). Bayi tabung membantu terjadinya proses pembuahan yang secara alami tidak dapat terjadi pembuahan. Diperlukan kualitas sperma dan sel telur yang bagus agar program bayi tabung berhasil.

Prosedur bayi tabung dimulai dengan perang­sangan indung telur istri dengan hormon. Ini untuk memacu perkembangan sejumlah folikel. Folikel adalah gelembung yang berisi sel telur. Perkembangan folikel dipantau secara teratur de­ngan alat ultrasonografi dan pengukuran kadar hormon estradional dalam darah. Pengambilan sel telur dilakukan tanpa operasi, tetapi lewat peng­isapan cairan folikel dengan tuntunan alat ultra­sonografi transvaginal. Cairan folikel tersebut kemudian segera dibawa ke laboratorium. Seluruh sel telur yang diperoleh selanjutnya dieramkan dalam inkubator.

Beberapa jam kemudian, terhadap masing-masing sel telur akan ditambahkan sejumlah sperma suami (inseminasi) yangsebelumnya telah diolah dan dipilih yang terbaik mutunya. Setelah kira-kira 18-20 jam, akan terlihat apakah proses pembuahan tersebut berhasil atau tidak. Sel telur yang telah dibuahi sperma atau disebut zigot akan dipantau selama 22-24 jam kemudian untuk melihat perkembangannya menjadi embrio.

Dokter akan memilih empat embrio yang ter­baik untuk ditanamkan kembali ke dalam rahim. Empat embrio merupakan jumlah yang maksimal karena apabila lebih dari empat, risiko yang di­tanggung ibu dan janin akan sangat besar. Embrio­-mbrio yang terbaik itu kemudian diisap ke dalam sebuah kateter khusus untuk dipindahkan ke dalam rahim. Terjadinya kehamilan dapat diketahui melalui pemeriksaan air seni 14 hari setelah pemindahan embrio.

Menurut Sudraji, saat ini tingkat keberhasilan bayi tabung masih sekitar 25 persen. Angka ini berlaku di seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Semakin muda umur istri, semakin besar peluang kehamilannya. Pada perempuan usia kurang dari 35 tahun, angka keberhasilan mencapai 30-33 persen. Sementara pada perempuan berusia lebih dari 40 tahun maka peluang kehamilannya hanya delapan persen.

Apakah hal tersebut semua bisa menjadi alternatif Obat Mandul untuk Anda?


Bunda suka dengan artikel Obat Mandul Manjur ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengobatan Infertifilitas Pada Pria Dan Wanita. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Obat Mandul Manjur. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Obat Mandul Manjur, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/obat-mandul-manjur/