Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas secara lengkap tentang Penyebab Ketidaksuburan pada Wanita. Lantas bagaimana jika ternyata Anda termasuk dalam kategori wanita tidak subur alias mandul? Salah satu jala yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari obat mandul. Tapi itu nanti akan kitat bahas pada bagian berikutnya. Untuk awal, kita akan melihat dulu bagaimana prosedur pemeriksaan untuk Ketidaksuburan (Mandul).

Pemeriksaan Ketidaksuburan (Infertifilitas). Setelah mengetahui kondisi penyulit kehamilan, dan istri dinyatakan bebas dari penyakit-penyakit tersebut, maka perlu kiranya pasangan suami tersebut menjalani pemeriksaan ketidaksuburan.

Ketidaksuburan pasangan bukan urusan semata, namun masalah itu disumbang para suami yang walaupun mampu mengeluarkan miliaran sperma setiap kali ejakulasi, tetap saja hanya yang mampu untuk membuahi satu sel telur istri.

Namun demikian, yang banyak terjadi di kalangan masyarakat luas, jika pasangan suami istri mengalami kesulitan untuk mempunyai anak, banyak menyalahkan pihak istri. Dan suami pun sangat enggan untuk ikut periksa kondisi kesuburan.

Suami biasanya merasa malu dan takut kalau ia-lah yang menyumbang ketidakberesan alias mandul. Bagaimanapun juga, alat reproduksi suami lebih tampak dan menyimbolkan kejantanan makanya jika suami tervonis ‘mandul’ maka akan rusaklah harga dirinya. Oleh sebab itu, betapa banyak para suami memilih untuk ‘mundur’ jika diajak istrinya untuk periksa bersama.

Pemeriksaan kesuburan pria seharusnya dilakukan terlebih dahulu, sebab prosedurnya lebih mudah dan sederhana. Di sini, ego harap dikesampingkan jika serius ingin memiliki keturunan. Pemeriksaan sperma umumnya dilakukan oleh urolog. Diawali dengan cek kesehatan tubuh. Setelah itu suami diminta memberikan sampel sperma guna pemeriksaan kualitas dan kuantitasnya. Suami diminta mewadahi sperma untuk diperiksa. Hal ini terkadang membuat tidak enak karena berkenaan dengan ego serta harga diri laki-laki.

Jika hasil pemeriksaan cairan sperma yang pertama dinyatakan normal, dokter biasanya meminta untuk uji kedua untuk memastikan hasil. Jika hasil kedua dinyatakan normal, maka pria itu tidak memiliki masalah kesuburan.

Pada tahap awal sebaiknya pasutri memeriksakan diri secara bersama-sama, kemudian pemeriksaan suami dan istri dilakukan terpisah. Tahapan pemeriksaan adalah:

Pemeriksaan Infertifilitas #1 : Tahap wawancara

Tahap awal merupakan wawancara untuk pengum­pulan data-data pasien tentang jati diri, riwayat kesehatan, riwayat perkawinan terdahulu dan sekarang, riwayat infertilitas, riwayat hubungan seksual, dan riwayat reproduksi.

Pemeriksaan Infertifilitas #2 : Tahap pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik baik suami maupun istri meliputi:

  • Keadaan fisik secara umum, seperti tinggi, berat, sebaran rambut, dan lain-lain.
  • Keadaan alat-alat reproduksi, seperti testis, vagina, klitoris, rahim, dan lain-lain.

Pemeriksaan Infertifilitas #3 :Tahap pemeriksaan laboratorium

Pemeriksaan ketidaksuburan Pria

Analisis sperma untuk mengetahui mutu air mani dan spermatozoanya, meliputi jumlah sperma/ml, bentuk, gerakan, jumlah dan persentase yang hidup serta pencairan air mani.

Pemeriksaan ketidaksuburan Wanita

  • Pemantauan ovulasi, untuk menentukan apakah ovarium menghasilkan sel telur yang matang.
  • Penilaian rahim dan saluran telur.
  • Analisis infeksi TORSH-KM (toksoplasma, rubella, sitomegalus, herpes simpleks, klamidia, mikoplasma).
  • Uji pasca-sanggama (UPS) untuk melihat apa­kah air mani sudah memancar dengan baik ke puncak vagina selama sanggama.

Pemeriksaan ketidaksuburan #4 : Pemeriksaan lanjutan

Pemeriksaan endoskopi adalah pemeriksaan dengan menggunakan alat teleskop (teropong) yang dimasukkan ke dalam rongga tubuh melalui saluran alami. Dengan pemeriksaan ini dimungkinkan bisa melihat keadaan saluran mulut rahim, rongga rahim, mulut dalam saluran telur, mengetahui berbagai kelainan di dalam rongga panggul (pelvis) atau rongga perut (abdomen) serta mengetahui kondisi bagian dalam saluran telur, melihat suatu gangguan fungsi dan anatomik ujung saluran telur atau cekungan di belakang rahim.

Pemeriksaan endoskopi tidak dilakukan begitu saja pada semua wanita, melainkan harus dengan dasar yang jelas, misalnya pada wanita infertil yang telah melakukan pemeriksaan infertilitas dasar sebelumnya tetapi belum diketahui penyebab infertilnya, dan pada wanita yang diduga adanya endometriosis, miom, tumor atau kanker rahim.

Bagaimana, sudah jelas prosedur pemeriksaan untuk masalah mandul? Kita akan melihat materi selanjutnya tentang pengobatan Infertifilitas. Baca juga tentang Cara Cepat punya Anak dan Penyebab Infertifilitas pada Pria dan Wanita

Bunda suka dengan artikel Pengobatan Infertifilitas Pada Pria Dan Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Penyebab Ketidaksuburan Pada Istri. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pengobatan Infertifilitas Pada Pria Dan Wanita. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pengobatan Infertifilitas Pada Pria Dan Wanita, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/obat-mandul/