Endometriosis merupakan suatu keadaan lokasi jaringan yang tidak normal pada pertumbuhan endometrium atau lapisan dinding rahim. Yang harusnya secara normal hanya tumbuh pada dindng rahim guna mempersiapkan kehamilan, namun tumbuh dibeberapa tempat selain lapisan dnding rahim. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit, perdarahan yang tidak teratur dan kemungkinan juga dapat menyebabkan terjadinya infertilitas atau sulit memperoleh kehamilan.

Adanya endometriosis ini bisa ditandai dengan menstruasi yang disertai rasa sakit yang semakin meningkat, kram pada perut bagian bawah yang bisa dirasakan satu minggu atau dua minggu sebelum tiba masa haid, merasa sakit di perut bagian bawah selama haid dan rutin dirasakan dalam setiap kali haid dan tiap bulan sakitnya bertambah parah, bisa juga merasa sakit saat berhubungan seksual, dan terkadang juga terdapat bercak coklat yang keluar sebelum menstruasi tiba.

Belum ada cara pencegahan yang terbukti dapat mencegah terjadinya endometriosis. Wanita dengan riwayat endometriosis yang turun temurun dianjurkan untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi sebagai pengobatan untuk mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit ini.

Namun demikian menjalankan pola hidup yang sehat tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh, dan kemungkinan peluang terkena sindrom ini akan menurun atau semakin kecil. Pelaksanaan pola hidup sehat meliputi, nutrisi atau segala makanan dan minuman yang akan dikonsumsi hendaknya selalu diperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Makanan adalah sumber energy dan juga sebagai sumber beberapa penyakit, oleh sebab itu, agar kiranya semakin selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Tentu saja juga menjaga kebersihannya.

Selain menjaga makanan, istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Olahraga rutin dilakukan pada pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk membantu untuk mencegah terjadinya endometriosis.

Pemeriksaan tersebut tentu hanya bisa dilakukan oleh ahlinya, dengan mendatangi dan berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan, maka jika ada kecurigaan terhadap adanya pertumbuhan endometriosis dalam tubuh, maka dokter pun akan menyarankan dilakukan pemeriksaan untuk menentukan diagnose yang sesungguhnya. Terkadang dokter akan berkolaborasi dengan petugas laboratorium untuk pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan laboratorium.

Bunda suka dengan artikel Pencegahan Terhadap Endometriosis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengenal Mioma Uteri. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pencegahan Terhadap Endometriosis. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pencegahan Terhadap Endometriosis, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pencegahan-terhadap-endometriosis/