Sindrom ovarium polikistik atau dikenal dengan sebutan PCOS adalah kumpulan penyakit yang timbul akibat dari sel telur tidak berhasil matang dan tidak dapat dibuahi oleh sel sperma, sehingga kehamilan akan lebih sulit untuk didapatkan. Sel telur tersebut tidak terbuang menjadi darah menstruasi, sehingga di dalam ovarium atau kandung telur berkumpul sel telur yang tidak matang dalam jumlah yang banyak. Cirri-ciri umumnya yaitu haid yang tidak teratur, atau siklus yang memanjang. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka bisa menyebabkan wanita sulit hamil, dan sindrom ini lebih banyak menyerang wanita pada usia reproduktif.

Sindrom ini juga dapat dipicu oleh karena kelebihan berat badan, gangguan pada kromosom, pola makan dan pola hidup yang kurang baik, dan akibat dari kekurangan insulin. Dalam kasus PCOS akan ditemukan pula hormone laki-laki yangberlebih, yaitu hormone androgen pada wanita, hal ini biasa ditandai oleh tumbuhnya bulu-bulu berlebihan pada tangan, kaki, atau wajah bagian kumis pada wanita.

Sebelum hal tersebut terjadi, sebaiknya para wanita bisa mencegahnya dengan menjaga berat badan ideal, karena jika mengalami obesitas maka kemungkinan dapat mengalami gangguan hormone. Sebaiknya para wanita yang tidak mengalami menstruasi setidaknya dua kali siklus, segera konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih dini. Dan langkah paling tepat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadinya gangguan dalam tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

Pencegahan terhadap Sindrom ovarium polikistik tau dikenal dengan sebutan PCOS adalah sebagai berikut ini:

  • Menjaga berat badan agar tetap berada pada berat badan ideal, karena jika mengalami obesitas, kemungkina untuk mengalami sindrom ini lebih besar.
  • Jika tidak mengalami menstruasi selama 2 kali siklus padahal tidak sementara hamil, atau jika siklus haid menjadi tidak normal setiap bulannya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya kemungkinan mengalami sindrom ini.
  • Wanita sangat penting untuk selalu memperhatikan siklus dan periode serta masa-masa menstruasi.
  • Dan yang terpenting adalah menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan di pagi hari.

Bunda suka dengan artikel Pencegahan Terhadap PCOS ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Dampak Mioma Uteri Terhadap Kesuburan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pencegahan Terhadap PCOS. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pencegahan Terhadap PCOS, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pencegahan-terhadap-pcos/