Setiap wanita memiliki siklus haid yang memiliki perbedaan, baik dari siklus maupun lamanya haid serta perdarahan yang terjadi pada masa haid. Gejala dan dampak dari haid yang ditimbulnyapun juga berbeda. Sebagian wanita mengalami rasa nyeri pada saat menjelang, atau saat haid, namun sebagian tidak mengalaminya. Dan tingkatan nyeri ini pun berbeda-beda.

Adakalanya rasa nyeri yang dirasakan hanya merupakan nyeri ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun demikian ada sebagian lagi wanita yang mengalami nyeri berat, sehingga aktivitas menjadi terganggu karena harus berbaring untuk menahan rasa nyeri atau sakit tersebut. Hal ini bisa tergantung juga dengan daya tahan wanita terhadap rasa sakit.

Nyeri haid sering terjadi selama periode menstruasi wanita. Hal ini biasanya terjadi kapan saja dari hanya setelah ovulasi sampai akhir menstruasi. Nyeri haid kebanyakan terjadi di wilayah perut bagian bawah baik secara terpusat atau pada samping dan dapat menyebar ke paha atau punggung bagian bawah. Rasa sakit, cenderung mereda secara bertahap sampai masa menstruasi berakhir.

Lantas apakah rasa nyeri pada wanita yang timbul saat haid ini merupakan tanda adanya pengaruh terhadap kesuburan wanita yang bersangkutan? Rasa nyeri yang timbul pada saat menjelang haid dan saat haid yang tergolong rasa sakit yang ringan dan akan sembuh dengan sendirinya atau adanya pengobatan ringan merupakan hal yang normal. Rasa sakit atau nyeri yang normal juga bisa ditandai dengan dari siklus ke siklus berikut-berikutnya tidak ada perkembangan rasa sakit cenderung tetap dan akan sembuh setelah 2 atau 3 hari serta rasa sakit tersebut tidak lebih dari 7 hari.

Meskipun nyeri haid merupakan hal yang normal dan wajar terjadi pengaruh dari kontraksi uterus dan peluruhan dinding uterus, ada kalanya anda perlu waspada terhadap beberapa rasa nyeri haid yang terjadi. Karena ada kalanya berhubungan dengan gangguan pada organ reproduksi sekitarnya. Jika ini terjadi tentu bisa saja akan mengganggu dan berpengaruh terhadap kesuburan wanita.

Nyeri haid yang berpengaruh terhadap adanya gangguan organ reproduksi adalah jika rasa nyeri lebih dari 7 hari, semakin hari semakin sakit, dan semakin lama rasa nyeri semakin berkembang semakin parah, bahkan sampai pingsan karena menahan rasa nyeri. Jika terjadi hal ini segera mungkin anda periksa ke dokter kandungan. Meskipun secara khusus tidak ada pengaruh nyeri haid terhadap kesuburan wanita.

Bunda suka dengan artikel Pengaruh Nyeri Haid Pada Kesuburan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pencegahan Terhadap Endometriosis. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Pengaruh Nyeri Haid Pada Kesuburan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Pengaruh Nyeri Haid Pada Kesuburan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/pengaruh-nyeri-haid-pada-kesuburan/