Setiap pasangan suami istri, tentu memiliki tujuan untuk bisa memiliki keturunan yang sehat. Namun tidak semua pasangan bisa segera memperoleh keturunan setelah pernikahannya. Terlebih bagi bunda yang telah lama menikah namun sang belum juga hamil. Sulitnya mendapatkan keturunan ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah kesuburan, baik dari pihak suami ataupun istri. Sebaiknya kita perlu mengetahui beberapa penyakit yang dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita, agar dapat lebih memperhatikan kesehatan organ reproduksi.

Berikut ini merupakan beberapa kelainan atau gangguan dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan pada kesuburan wanita yang perlu anda kenali ketika anda dalam program hamil.

  • Gangguan hormonal 

Beberapa wanita memiliki masalah dengan ovulasi. Gangguan ini bisa disebabkan oleh Sindrom Ovarium Polikistik (PCO), yaitu kondisi saat tubuh kelebihan produksi hormon androgen dan menyebabkan menstruasi tidak teratur. Gangguan hormonal ini dapat menyebabkan terganggunya pelepasan sel telur dari indung telur dan  juga menganggu penebalan pada  dinding rahim untuk mempersiapkan kehamilan.

  • Kerusakan atau sumbatan pada saluran sel telur (tuba fallopi)

 Tuba fallopi adalah saluran yang dilalui oleh sel telur, menghubungkan antara indung telur dengan rahim. Saluran ini bisa mengalami sumbatan atau penyempitan. Bila tersumbat,sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma sehingga tidak dapat terjadi pembuahan. Kerusakan pada tuba falopi salah satunya dapat disebabkan oleh infeksi panggul dan endometriosis.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika terdapat pertumbuhan abnormal yang berupa sel-sel (sel endometrium) yang berada di dalam rahim.  Sel-sel endometrium ini tidak seharusnya tumbuh di luar rahim. Gangguan endometriosis ini akan bertambah jelas saat menstruasi karena menimbulkan rasa nyeri. Pada masalah biasanya dilakukan laparoscopy untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan oleh endometriosis.

  • Kelainan Serviks (leher rahim) 

Beberapa wanita mungkin memiliki kondisi leher rahim yang menyebabkan sperma tidak bisa melewati saluran leher rahim. Kondisi ini disebabkan oleh produksi lendir serviks yang abnormal.

  • Polip dan Fibroid 

Polip dan fibroid  merupaka pertumbuhan sel-sel abnormal yang terjadi di dalam rahim (tumor), adanya polip ini dapat menghambat proses pembuahan maupun proses implantasi janin.

Bagi bunda yang menginginkan kehadiran buah hati, sebaiknya melakukan pemeriksaan deteksi dini terhadap kesehatan organ kandungan terutama bagi pasangan yang sudah menikah diatas 1 tahun. Dengan pemeriksaan yang lengkap, maka dapat dilakukan terapi yang tepat pada sasarannya.  Semoga bermanfaat…:-)

Bunda suka dengan artikel Penyakit Yang Menggangu Kesuburan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Apa Itu Oligoteratozoospermia?. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyakit Yang Menggangu Kesuburan. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyakit Yang Menggangu Kesuburan, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyakit-yang-menggangu-kesuburan/