Saat wanita mengalami kehamilan akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi, jumlah nutrisi yang dibutuhkan pun akan semakin meningkat karena janin yang ada di dalam rahim juga kian berkembang. Kehamilan yang pada umumnya terjadi selama kurang lebih 9 bulan atau 38-40 minggu, banyak sekali ragam gejala yang dikeluhkan oleh ibu hamil, gejala-gejala yang terjadi selama kehamilan sebenarnya adalah merupakan hal yang wajar-wajar saja mengingat adanya perubahan hormonal pada sang ibu.

  • Sakit kepala/pusing

Pusing atau sakit kepala yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon progesteron yang akan memicu dinding pembuluh darah melebar. Dan hal inilah yang mengakibatkan tejadinya penurunan tekanan darah  dan akan membuat sang ibu merasa pusing. Gejala ini biasanya terjadi pada trimester pertama dan akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab keluhan-keluhan fenomenal saat hamil

  • Mual dan muntah

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa 50-70 persen wanita akan mengalami yang namanya mual dan muntah yang terkadang disetai dengan asa pegal, pusing hingga meriang. Hal ini juga termasuk hal yang normal pada usia kehamilan 6-14 minggu. Sedangkan yang menjadi penyebab mual dan muntah yang biasanya teradi di pagi hari ini adalah karena adanya perkembangan plasenta yang akan menghasilkan sejenis hormon HCG. Dan diperkirakan karena hormon inilah yang dapat memicu muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung.

  • Bengkak-bengkak

Disebabkan karena adanya penekanan pembuluh darah balik akibat pembesaran rahim, yang dapat menimbulkan arus balik darah dari kaki tertekan. Sehingga terjadi yang namanya pengeluaran cairan darah ke jaringan sekitar. Jika hal ini terjadi, asalkan tidak terjadi kenaikan tekanan darah, pembengkakan ini masih dianggap normal dan untuk mengatasinya anda dianjutkan untuk tidak duduk terlalu lama, sering melakukan olahraga ringan yang dapat meregangkan otot namun tetap dalam batas kewajaran gerakan yang diperbolehkan untuk ibu hamil.

  • Rasa nyeri

Rasa nyeri pada ibu hamil biasanya akan terjadi pada perut bagian bawah dan juga disertai sakit pinggang. Gejala seperti ini umum terjadi akibat adanya pembesaran janin, semakin lama usia kehamilan maka akan semakin besa pula ukuran janin. Dan akan membuat ligamentum penggantung rahim dengan dinding perut menjadi melar dan tertarik sehingga akan terasa nyeri. Dan bertambahnya bobot janin juga akan menekan otot perut dan otot punggung, yang bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil.

Bunda suka dengan artikel Penyebab Keluhan-keluhan Fenomenal Saat Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tahapan Dalam Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyebab Keluhan-keluhan Fenomenal Saat Hamil. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyebab Keluhan-keluhan Fenomenal Saat Hamil, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-keluhan-keluhan-fenomenal-saat-hamil/