Haid adalah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus,disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Panjang siklus haid ialah jarak antara tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya. Hari mulainya perdarahan dinamakan hari pertama siklus.Panjang siklus haid yang normal atau dianggap sebagai siklus haid yang klasik adalah 28 hari. Lama haid biasanya antara 2-5 hari, ada yang diikuti darah sedikit-sedikit, dan ada yang sampai 7-8 hari. Pada setiap wanita biasanya lama haid itu tetap. Jumlah darah haid lebih dari 80 cc dianggap patologik atau tidak normal.

Kebanyakan wanita tidak merasakan gejala-gejala pada waktu haid, tetapi sebagian kecil merasa merasa  berat dipanggul atau merasa nyeri ketika menjalani masa-masa haid (disminorea). Usia gadis remaja pada waktu pertama kalinya mendapat haid (menarche) bervariasi,yaitu antara 10-16 tahun, tetapi rata-ratanya 12,5 tahun. Menarche atau haid pertama kali, terjadi  di tengah-tengah masa puberta, yaitu masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Setelah memasuki  masa pubertas, wanita memasuki masa reproduksi, yaitu masa dimana ia dapat memperoleh keturunan. Masa reproduksi ini berlangsung 30-40 tahun dan berakhir pada masa mati haid atau masa menopause .

Perdarahan haid yang tidak normal terkadang terjadi pada wanita reproduktif, biasa ditandai pengeluaran darah haid yang lebih banyak dari biasanya dan dalam waktu yang lebih lama. Atau bahkan bisa terjadi yang sebaliknya yaitu pengeluaran darah haid yang sedikit dan dalam waktu yang sangat singkat. Terkadang juga terjadi pengeluaran darah haid yang tidak lancar, atau terputus-putus.

Berikut ini beberapa kelainan pengeluaran darah haid dan juga penyebabnya:

  • Hipermenorea atau Menoragia

Pendarahan haid lebih banyak dari normal atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu menstruasi. Hal ini dapat disebabkan oleh karena tonus otot yang kurang, kontraksi rahim kurang, hipertensi yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, adanya infeksi seperti endometriosis, atau adanya penyakit darah. Cara terapinya adalah dengan memberikan anti pendarahan seperti ergometrin tablet/injeksi.

  • Hipomenorea

Adalah pendarahan haid yang lebih pendek dan atau lebih kurang dari biasa. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kesuburan endometrium kurang akibat dari kuranggizi, penyakit menahun maupun gangguan hormonal.

Pendarahan yang tidak normal ini lebih sering dikarenakan adanya gangguan pada system hormonal, dan dalam kasus tertentu bisa disebabkan karena adanya gangguan organ reproduksi lainnya, seperti kista, miom, endometriosis dan juga infeksi. untuk mengetahui secara pasti penyebab ini, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli kandungan, biasanya akan dilakukan USG.

Bunda suka dengan artikel Penyebab Pendarahan Haid Tidak Normal ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Pengaruh Nyeri Haid Pada Kesuburan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyebab Pendarahan Haid Tidak Normal. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyebab Pendarahan Haid Tidak Normal, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-pendarahan-haid-tidak-normal/