Setelah sebelumnya kita membahas sepintas tentang Penyebab Pria dan Wanita Mandul secara sekilas, kali ini kita akan melihat secara lengkap tentang Penyebab Pria Tidak Subur. Beberapa hal berikut ini hanya terjadi pada suami.

Penyebab Pria Tidak Subur

Ada beberapa penyebab ketidaksuburan pada pria, antara lain sebagai berikut :

Penyebab Pria Tidak Subur #1 : Jumlah Spermatozoa dan Transportasinya yang Abnormal. Kesuburan pria juga ditentukan dari kualitas dan kuantitas spermanya. Untuk mengukur tingkat kesuburan seorang pria dibutuhkan evaluasi keefektifan sperma. Ada tiga cara yang biasa digunakan untuk mengetahui efektivitas sperma, yaitu : (a) Count, atau banyaknya jumlah sperma di dalam semen. Jumlah normal sperma pada laki-laki yaitu 20 juta per milimeter, kurang 5 juta saja sperma sudah bisa disebut kekurangan, sangat mungkin pula sperma tidak terdapat sama sekali di dalam semen. Kelainan ini disebut dengan oligozoospermia. (b) Motility, yaitu kegesitan sperma, atau seberapa baiknya sperma bergerak. Dihitung sebagai presentasi banyak sperma yang bergerak langsung ke sel telur wanita. Sedikitnya 50% sperma harus terlihat pada pergerakan tersebut. Kelainan ini disebut dengan astenozoospermia. (c) Morphology, atau bentuk sel sperma. Sedikitnya 14% sperma harus sudah terbentuk dengan normal saat menuju sel telur yang akan dibuahi. Kelainan ini disebut dengan teratozoospermia.

Penyebab Pria Tidak Subur #2 : Variokel. Variokel merupakan kondisi terjadinya pembengkakan/ pelebaran pembuluh darah di sekitar buah zakar pria, yang disebabkan karena suhu testis yang tidak normal. Suhu testis yang meningkat tersebut akan menurunkan jumlah produksi dan kualitas sel sperma pria.

Penyebab Pria Tidak Subur #3 : Getah Serviks Berjumlah Sedikit. Lendir serviks istri sedikit dan kental sehingga sperma suami tidak bisa menembusnya.

Penyebab Pria Tidak Subur #4 : Ejakulasi Membalik (Retroged). Cairan dari penis tidak keluar saat ejakulasi justru mengalir ke kantung kemih.Keadaan ini dapat disebabkan oleh diabetes, atau di bawah pengaruh obat.

Penyebab Pria Tidak Subur #5 : Hormon Abnormal. Gangguan hormonal biasanya merupakan faktor utama penyebab infertifilitas/ ketidaksuburan/ kemandulan. Produksi sperma laki-laki diatur oleh hormon seksual pria. Apabila terjadi gangguan atau masalah hormonal maka hormon gonadotrofin akan turun dan produksi sperma pun juga akan turut menurun. Sperma yang sedikit jumlahnya biasanya juga disebabkan karena kekurangan hormon tertosterone.

Penyebab Pria Tidak Subur #6 : Penyakit Menular Seksual. Penyakit menular seksual (PMS) akan mempengaruhi kemampuan pria dalam menghasilkan sperma yang sehat. Infeksi kelamin seperti gonore dan chlamidia menurunkan motilitas (kemampuan gerak) sperma dan juga mempengaruhi organ-organ reproduksi pria. Selain itu, PMS juga dpaat menyebabkan tersumbatnya saluran sel sperma dan peradangan pada prostat dan saluran kencing pria.

Penyebab Pria Tidak Subur #7 : Kriptorkismus. Kriptorkismus adalah ketika seorang pria memiliki testis yang tidak turun. Normalnya, testis bergerak turun ke dalam skrotum (buah zakar). Sementara pada kasus testis yang tidak turun tidak bisa menghasilkan sperma karena masih di dalam tubuh yang suhunya jauh lebih tinggi daripada di dalam skrotum.

Penyebab Pria Tidak Subur #8 : Gangguan Ereksi. Gangguan ereksi merupakan disfungsi seksual yang disebabkan karena berbagai faktor fisik dan psikis. Gangguan ini dapat mengganggu kesuburan dan menyebabkan infertifilitas dan tentunya karena ketidakmampuan dalam bereksi dan berejakulasi. Tentunya akan sangat sulit mengharapkan terjadinya kehamilan dalam kondisi seperti ini.

Penyebab Pria Tidak Subur #9 : Penyumbatan Pembuluh Sperma. Sperma diproduksi di dalam testis. Selama ejakulasi, sperma bergerak melalui sejumlah saluran kecil yang disebut epididimis, dan kemudian bergerak melewati saluran yang lebih besar, disebut vas deferens. Penyumbatan pembuluh sperma setelah seorang pra menjalani vasektomi atau operasi misalnya dapat menimbulkan masalah ketidaksuburan pria.

Penyebab Pria Tidak Subur #9 : Orgasme Kering. Orgasme kering adalah kasus tertentu dimana seorang pria mengalami orgasme tanpa ejakulasi. Hal ini biasa disebut ejakulasi surut karena cairan semen air mani justru memasuki kandung kemih. Penyebabnya bisa karena beberapa obat-obatan tertentu, operasi, kondisi tertentu seperti diabetes, dan multiple sclerosis (peradangan jaringan syaraf yang menyebabkan gangguan pada otak dan sumsum tulang belakang).

Penyebab Pria Tidak Subur #10 :Antibodi. Kadang-kadang, ketidaksuburan pada pria diakibatkan adanya antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk menonaktifkan aktivitas sperma. Hal ini sering terjadi setelah vasektomi. Bila sperma kehilangan aktivitasnya, bagaimana bisa untuk membuahi sel telur?

Penyebab Pria Tidak Subur #11 : Operasi. Pascaoperasi jaringan prostate sering timbul sejumlah masalah seperti masalah disfungsi ereksi, ketidaksuburan, dan inkontinensia (tidak bisa menahan kencing)

Penyebab Pria Tidak Subur #12 : Stress. Dalam kondisi stres, produksi sel sperma akan terganggu.

Apakah penyebab pria tidak subur ini terdapat dalam diri Anda? Semoga segera berhasil dalam program hamilnya. Jangan lupa untuk senantiasa membaca doa agar cepat hamil.


Bunda suka dengan artikel Penyebab Pria Tidak Subur ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Penyebab Infertifilitas Pada Pria Dan Wanita. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyebab Pria Tidak Subur. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyebab Pria Tidak Subur, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-pria-tidak-subur/