Banyak pasangan usia subur yang telah menikah bertahun-tahun belum juga dikaruniai keturunan. Jika dalam waktu satu tahun pasangan tersebut belum memiliki anak walaupun dengan intensitas hubungan yang cukup, maka bisa dikatakan mereka adalah pasangan infertil.

Penyebab infertil sendiri bisa dari suami maupun istri, penyebab dari istri salah satunya adalah sel telur sulit matang. Wanita yang mengalami sel telur sulit matang akan menyebabkan wanita tersebut sulit hamil karena tidak ada sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma. Sehingga masa subur pun akan sulit ditentukan karena siklus haidnya juga tidak teratur.

Anovulasi atau sel telur sulit matang mempengaruhi sekitar enam hingga lima belas persen wanita pada usia atau masa subur. Anovulasi mengacu pada suatu kondisi yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita, dimana sel telur sulit matang sehingga tidak ada telur yang dilepaskan dari ovarium dan masuk ke saluran tuba untuk dibuahi atau dikeluarkan ketika haid. Hal ini dapat mengakibatkan wanita menjadi sulit hamil, karena tidak adanya sel telur yang akan dibuahi.

Sedangkan bagi wanita yang memiliki ovulasi tidak teratur, mereka masih memiliki kesempatan untuk hamil, karena mereka masih bisa berovulasi meskipun jarang terjadi. Sel telur sulit matang pada umumnya disebabkan oleh gangguan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon tubuh seperti estrogen dan progesteron membantu untuk memicu siklus reproduksi tubuh Anda, termasuk ovulasi (pelepasan sel telur yang telah matang) dan menstruasi.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi sel telur menjadi sulit matang:

  • Stres. Stres dapat mempengaruhi kerja hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Hal ini menyebabkan gangguan pada siklus haid normal karena ovulasi menjadi tidak teratur. Sehingga jumlah sel telur yang belum matang pun meningkat.
  • Usia. Pertambahan usia dapat mempengaruhi jumlah pasokan sel telur yang dapat dihasilkan. Pertambahan usia juga membuat kesuburan wanita menurun. Hal ini mengakibatkan terganggunya siklus haid bulanan karena tidak adanya ovulasi.
  • Obesitas. Banyak studi yang menunjukan bahwa obesitas memiliki hubungan dengan anovulasi (sel telur sulit matang) pada wanita. Obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang berpengaruh pada kesuburan wanita. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan menimbulkan disfungsi ovarium.
  • Kekurangan gizi dan berat badan kurang. Gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya dipergunakan untuk reproduksi. Kebutuhan akan gizi yang tidak terpenuhi dapat menghambat pematangan sel telur. Dokter kandungan atau bidan biasanya menyarankan wanita yang berat badannya kurang untuk berusaha menaikkan berat badannya sebelum merencanakan kehamilan. Karena kemungkinan yang menyebabkannya sulit hamil adalah kekurangan zat gizi.
  • Adanya ketidakseimbangan hormon. Kadar hormon reproduksi yang tidak seimbang pada tubuh wanita sangat berpengaruh terhadap masa subur. Hormon yang berlebih ataupun kurang dapat membuat sistem reproduksi terganggu termasuk sel telur yang menjadi intinya.

Bunda suka dengan artikel Penyebab Sel Telur Wanita Tidak Matang ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Proses Pematangan Sel Telur. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyebab Sel Telur Wanita Tidak Matang. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyebab Sel Telur Wanita Tidak Matang, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-sel-telur-wanita-tidak-matang/