Penyebab Susah Hamil. Kesuburan seorang wanita juga dipengaruhi oleh jam biologisnya. Jika jam biologis Anda terganggu, maka tingkat kesuburan Anda juga bisa terganggu. Jam-jam biologis Anda bisa terganggu karena banyaknya aktifitas yang Anda jalani, misalnya bekerja hingga larut malam.

Jam Biologis Terganggu Menyebabkan Susah Hamil

Ada beberapa percobaan yang telah dilakukan untuk membuktikan hal ini. Salah satunya adalah percobaan pada tikus. Dari hasil percobaan ini diketahui bahwa tikus akan mengalami penurunan tingkat kesuburan ketika lampu kandangnya dibiarkan tetap menyala hingga larut malam. Dari sinilah, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa berbagai aktifitas pada malam hari, misalnya shift malam, begadang atau susah tidur akan mempengaruhi tingkat kesuburan manusia.

Penelitian serupa dilakukan oleh para peneliti di Northwestern University. Setelah tikus betina dan tikus jantan dikawinkan, peneliti mengganggu irama sirkadian atau jam biologis tikus betina selama 5-6 hari. Tikus-tikus ini dibagi menjadi dua kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 18 ekor tikus betina. Kelompok pertama akan mendapat tambahan paparan cahaya selama 6 jam setelah terkena cahaya matahari siang, sedangkan kelompok kedua hanya mendapat paparan cahaya matahari siang seperti biasa.

Dari perlakuan ini, dihasilkan; dari kelompok tikus pertama, hanya 20% diantaranya yang berhasil melahirkan. Sedang dari kelompok tikus kedua, diperoleh hasil yang mencengangkan, 90% dari tikus-tikus tersebut berhasil melahirkan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa jam biologis juga mempengaruhi kehamilan. Anda juga pasti sudah tahu bahwa mamalia bahkan pohon menyesuaikan jam biologisnya untuk mengontrol metabolisme dan aktifitas tubuh yang lain.

Seorang peneliti, Keith Summa, mengatakan bahwa mekanisme penyesuaian jam biologis ini secara detail pasti berbeda antar spesies, Keith menduga apa yang ditemukan pada Tikus juga relevan terhadap manusia. Hal ini didukung oleh sebuah survey yang menunjukkan bahwa perawat yang bekerja shift malam lebih sering mengalami menstruasi tidak teratur, dan ini tentu berakibat buruk terhadap kesuburannya.

Namun hasil penelitian ini belum bisa dikatakan valid karena beberapa ahli tidak sepakat dengan hal tersebut. Salah satunya dr. Neil Goodman, pakar endokrinologi sekaligus ketua divisi hormone seks dan obat-obatan reproduksi di American Association of Clinical Endocrinologists. Menurutnya, kesuburan pada tikus dalam percobaan tersebut lebih dipengaruhi oleh stress bukan karena terganggunya jam-jam biologisnya.

Goodman juga mengatakan bahwa semua jenis stress dapat mengganggu periode menstruasi. Hal ini terbukti ketika dia bekerja sebagai dokter di Boston, dia banyak menemui banyak pasien wanita yang terganggu periode menstruasinya setelah terkena penyakit, salah seorang anggota keluarganya meninggal atau mengalami masalah pribadi lainnya.

Selain itu, Goodman juga menyatakan bahwa tikus tidak cocok dijadikan model untuk kesuburan manusia. Tikus memiliki siklus menstruasi dan cara merespon hormon yang sangat berbeda dengan manusia. Menurut Goodman, dalam penelitian laboratorium seperti ini harusnya menggunakan model yang memiliki fungsi tubuh yang menyerupai manusia, misalnya pada monyet cynomolgus, kera ekor panjang dari Asia Tenggara.

Namun beberapa ahli juga mengatakan bahwa ada kaitan antara jam biologis dan kesehatan. Ini dibuktikan dengan adanya hubungan yang kuat antara kualitas tidur yang buruk dengan terjadinya kanker (penelitian terhadap manusia dan tikus), seperti yang diungkapkan Megan Mahoney, profesor kronobiologi di University of Illinois, Urbana.

Baca juga tentang Rahasia Agar Cepat Hamil dan Tanda Hamil Sehat

Bunda suka dengan artikel Jam Biologis Terganggu Menyebabkan Susah Hamil ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tanda Kehamilan Yang Sehat Di Usia 7 Minggu. Semoga bermanfaat...

Jangan dibiarkan!! Bisa menghambat keberhasilan Program Hamil Anda.
CRYSTAL X SOLUSINYA... Gratis Ongkos Kirim ke JABODETABEK
plusone  twitter  facebook Share
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Jam Biologis Terganggu Menyebabkan Susah Hamil. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Jam Biologis Terganggu Menyebabkan Susah Hamil, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-susah-hamil/