Tempat yang seringkali ditemukan terjadi endometriosis adalah pada indung telur, saluran tuba, daerah antara vagina dan rectum, dan di rongga panggul. Sehingga banyak kasus diharuskan pengangkatan pada indung telur  yang terkena endometriosis.

Namun endometriosis juga dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh seorang wanita, seperti di paru-paru yang dapat menyebabkan batuk darah dan sesak nafas. Pada umumnya wanita dengan endometriosis tidak memiliki gejala. Gejala pada umumnya terjadi ketika menstruasi dan akan meningkat setiap tahunnya karena semakin bertambah pembesaran daerah endometriosis.

Adapun penyebab yang menjadi factor resiko yang menyebabkan rentan terjadinya endometriosis ini adalah sebagai berikut:

  • Penyebab utama terjadinya endometriosis masih belum diketahui dengan pasti
  • Factor keturunan. Jika memiliki ibu atau anggota keluarga lan yang mengalami endometriosis, maka akan beresiko lebih tinggi untuk mengalami endometriosis dari pada mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga yang mengalami endometriosis.
  • Mendapatkan haid pertama kali pada usia masih sangat muda atau dibawah 10 tahun
  • Haid yang tidak teratur, ini juga bisa memicu terjadinya pertumbuhan endometriosis, sebab kinerja hormonal yang tidak semestinya.
  • Lamanya periode haid yang terlalu lama atau siklus lebih lama dari siklus normal yaitu diluar siklus 21-35 hari.
  • Karena kegagalan system imun yang menyebabkan jaringan menstruasi menjadi tertanam dan tumbuh di tempat lain yang tidak semestinya, seperti pada kandung telur atau ovarium dan tempat bagian tubuh lainnya.
  • Adanya dinding sel pada rongga perut juga dapat menyebabkan pertumbuhan endometriosis pada bagian perut.
  • Kurang menjaga pola hidup yang sehat. Bagaimanapun juga pola hidup sehat mengambil bagian terpenting dalam menjaga tubuh untuk tidak terkena suatu gangguan pada tubuh.

Setiap bulannya, endometrium memproduksi hormone yang menstimulasi perkembangan dan penebalan dinding uterus atau rahim sebagai bentuk persiapan untuk menerima kehamilan.

Jika sel endometrium tersebut tumbuh di bagian tubuh lainnya (selain dinding rahim), maka akan berbahaya dan menimbulkan masalah. Karena sel tersebut juga turut merespon stimulasi atau merangsang hormone bulanan sebagaimana mestinya, dan akan ikut meluruh bersma meluruhnya sel dinding rahim ketika masa menstruasi tiba. Dan akan tumbuh lagi seperti tumbuhnya sel endometrium pada dinding rahim, demikian secara berulang dan terus menerus mengikuti siklus haid jika tidak segera ditindak lanjuti.

Bunda suka dengan artikel Penyebab Terjadinya Endometriosis ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Bahaya TORCH Bagi Kehamilan. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Penyebab Terjadinya Endometriosis. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Penyebab Terjadinya Endometriosis, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/penyebab-terjadinya-endometriosis/