Menyusui, menjadi bagian terpenting dalam proses membesarkan  buah hati, melalui cara ini  kita dapat memenuhi kebutuhan raganya, seperti kelaparan dan kehausan juga kebutuhan jiwanya, dengan selalu  memberikan rasa aman dan nyaman melalui kedekatan tubuh. Tetapi, untuk melakukan kegiatan ini, tidak semua perempuan dapat melakukannya dengan mudah. Banyak faktor menjadi penyebab, diantaranya adalah tidak dapat menyusui karena keadaan putting payudara yang tidak semestinya. Perawatan puting payudara, perlu dilakukan untuk melancarkan proses menyusui.

Berbagai perawatan kadang dilakukan oleh sang calon ibu termasuk bagian putingnya agar bisa optimal dalam memberikan ASI pada buah hatinya kelak. Ternyata tak sulit merawat bagian puting ini. Puting payudara merupakan salah satu bagian dari organ tubuh yang penting dalam proses menyusui. Bagi ibu menyusui perlu dilakukan perawatan agar ibu lebih mudah dalam menyusui, terutama bagi ibu yang putingnya kurang menonjol atau hampir rata.

Ada beberapa ibu menyusui yang merasa khawatir tidak akan bisa memberikan ASI yang cukup kepada bayinya karena memiliki puting susu rata atau tenggelam. Oleh karena itu merawat puting payudara agar lancar dalam menyusui, menjadi hal yang teramat penting dan perlu mendapatkan perhatian.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam perawatan putting payudara:

  • Perhatikan bra yang Anda gunakan, jangan memilih yang terlalu sempit, karena ini dapat menghambat payudara untuk bernapas dan memungkinkan menekan  puting payudara ke arah dalam. Gunakan bra yang ukurannya pas atau sedikit lebih longgar, karena pada saat hamil dan menyusui, ukuran payudara akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.
  • Bersihkan secara teratur puting payudara anda dengan minyak zaitun atau baby oil, gunakan kapas  lembut dan lakukan mulai dari kehamilan menginjak bulan ke 6-7 pada masa kehamilan. Cara ini berguna untuk menghilangkan kerak si area puting dengan aman, sehingga puting payudara anda tidak akan tertutupi kotoran pada saat dibutuhkan untuk menyusui.
  • Untuk menarik puting payudara ibu agar keluar sehingga bayi mudah menghisap, adalah dengan melakukan perawatan tertentu. Perawatannya bisa dengan menggunakan alat bantu tertentu berupa nipple puller atau syringe (alat suntik ukuran 10cc/20 cc yang dimodifikasi untuk menghisap puting susu).
  • Atau bisa juga dengan cara manual yaitu pemijatan dengan jari tangan. Hanya perlu diingat, bahwa pijat disini berbeda dengan pijat untuk merangsang produksi ASI, tetapi lebih ditekankan pada bagian puting saja. Untuk itu jaga agar tidak menggerakkan seluruh bagian payudara, namun hanya bagian puting dan lingkar puting saja.
  • Perlu diingat, melakukan perawatan puting  payudara ini baru boleh dilakukan pada usia kehamilan 37 minggu keatas. Karena rangsangan terhadap puting payudara dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin (hormon yang merangsang timbulnya kontraksi rahim). Dikhawatirkan kontraksi yang berlebihan akan menyebabkan bayi lahir prematur. Sebelum kehamilan 37 minggu, puting payudara jangan diintervensi terlalu sering, cukup dibersihkan menggunakan air setiap kali mandi.

Bunda suka dengan artikel Perawatan Puting Agar Mudah Menyusui ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Respon Ayah Dalam Menyambut Kelahiran. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Perawatan Puting Agar Mudah Menyusui. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Perawatan Puting Agar Mudah Menyusui, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/perawatan-puting-agar-mudah-menyusui/