Masa nifas merupakan awal memulai kehidupan baru dengan hadirnya bayi mungil yang baru saja dilahirkan. Memiliki bayi merupakan anugerah yang sangat indah bagi wanita yang telah mengarungi bahtera rumah tangga. Saat memiliki bayi, hampir seluruh waktu dan perhatian wanita akan tercurah pada bayi mungilnya. Terkadang hampir tidak ada waktu untuk merawat diri dan suaminya. Tak jarang ada suami yang merasa cemburu dengan kehadiran bayinya. Nah, dalam hal ini sangat perlu dilakukan perawatan tubuh setelah melahirkan, yaitu pada saat masa nifas.

Apa saja yang perlu dilakukan dalam perawatan tubuh masa nifas?

  • Jangan sepelekan penampilan

Selain memnerikan perhatian yang penuh juga terhada suami dan bayi mungil, sangat perlu juga bagi wanita setelah melahirkan untuk merawat diri sendiri agar tetap tampil menyenangkan bagi orang di sekitarnya, terutama suami. Meski belajar dari banyaknya kasus suami yang mencari pelarian setelah istrinya melahirkan, karena tidak bisa lagi merawat diri sehingga penampilannya pun tidak menarik lagi bagi suaminya, Na’udzubillah. Jika dicermati dari masyarakat sekitar, wanita hanya akan menjaga penampilannya saat akan bepergian saja. Sedangkan saat di rumah, hanya berpakaian seadanya, dan malas merias diri.

Padahal seharusnya, wanita/ istri justru berdandan saat di rumah bersama suaminya. Sehingga penampilan tetap segar dan tetap bergairah setelah melahirkan, sehingga segala aktivitasnya pun lancer dan berjalan dengan baik.

  • Rajin berolahraga

Tubuh wanita yang baru saja melahirkan, biasanya akan melar. Hal ini memang wajar saja terjadi karena tubuh baru bekerja ekstra guna untuk menjaga janin dalam kandungannya. Tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk bisa mengembalikan bentuk tubuh ideal seperti saat sebelum hamil. Salah satunya adalah dengan rajin berolahraga, tidak perlu dengan gerakan-gerkan yang kuat. Cukup dengan gerakan-gerakan ringan yang tidak membahayakan kondisi rahim, dan lakukan secara rutin dan teratur, terutama di waktu pagi.

Jika setelah melahirkan, rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat, maka tubuh akan kembali ideal.

  • Jaga gizi seimbang

Pemenuhan gizi saat setelah melahirkan, pada masa nifas sangat penting, karena saat itu juga adalah merupakan masa menyusui. Hal ini penting karena akan menentukan kualitas ASI yang dhasilkan. Gizi yang cukup akan mengembalikan kemampuan berbagai organ tubuh selama hamil dan melahirkan. Pada masa menyusui maka, gizi seimbang sangat diperlukan tubuh.

Selain itu, sebaiknya juga menghindari karbohidrat berlebih, karena akan menambah badan semakin gemuk. Usahakan untuk memperbanyak serat dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Semua itu harus diperhatikan karena pada saat ibu menyusui, dibutuhkan banyak kalori makanan. Karena bukan hanya ibu yang membutuhkan, tetapi juga bayi mungil yang akan mengkonsumsi ASI.

  • Pola hidup sehat

Pola hidup sehat sangat perlu untuk diperhatikan, agar kwalitas hidup meningkat. Pola hidup sehat berarti menkonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, rajin olahraga, menghindari rokok, alcohol dan sejenisnya. Selain itu kita juga harus menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan stress dan buat emosi slalu stabil, agar fikiran dan tubuh tetap segar, sehingga segala aktivitas bisa berjalan menyenangkan.

Bunda suka dengan artikel Perawatan Tubuh Masa Nifas ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Frekuensi Pergerakan Janin Yang Normal. Semoga bermanfaat...

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Perawatan Tubuh Masa Nifas. Anda boleh meng-copy artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tulisan dan referensi artikel Perawatan Tubuh Masa Nifas, dengan URL : http://www.madupenyuburalmabruroh.com/perawatan-tubuh-masa-nifas/